Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 28 Desember 2022 | 14:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari tahu rumus mencari Median dengan Akurat dan Cepat di Microsoft Excel? Kamu di tempat yang tepat, bisa memanfaatkan tutorial Microsoft Excel untuk mencari median berikut ini.

Di Microsoft Excel sendiri sudah tersedia rumus khusus untuk mendapatkan sebuah median. Dengan rumus mencari median tesebut, pastinya akan mendapatkan hasil yang akurat dan cepat.

Rumus Median

Mengetahui cara mencari median di Microsoft Excel menggunakan metode berikut ini karena bentuk penulisan dari rumus median sendiri sebenarnya cukup mudah yaitu:

= MEDIAN(number1:[number2], ...)

Keterangan:

  1. Ketik tanda sama dengan { = } pada cell yang akan menjadi tempat median diletakkan
  2. Kemudian ketik MEDIAN dan diikuti dengan tanda kurung buka { ( }
  3. Pada perintah number1 : number2, kamu hanya perlu memasukkan angka-angka dari range data dengan cara memblok semua data yang kamu miliki untuk mendapatkan median
  4. Apabila kamu telah selesai memblok semua angka pada data kamu, ketik tanda kurung tutup { ) }
  5. Lalu tekan tombol Enter dan Selesai! Nilai yang muncul pada cell yang telah kamu pilih sebelumnya merupakan nilai median yang dihasilkan dari rumus tersebut

Kegunaan Mencari Median

Mencari median biasanya digunakan untuk mencari nilai tengah yang berada di antara serangkaian angka. Kamu tentunya bisa mengandalkan Microsoft Excel untuk melakukannya. Karena ada rumus mencari median.

Menghitung median sangat berguna untuk membantu berbagai kegiatan pengolahan data, seperti misalnya menentukan perkiraan rata-rata nilai siswa, membuat statistik data posyandu untuk menghitung rata-rata berat badan bayi, dan berbagai kegiatan sehari-hari lainnya.

Kalau biasanya untuk mencari median secara manual kamu harus terlebih dahulu mengurutkan angka dari mulai angka yang terkecil hingga ke angka yang terbesar. Kemudian apabila angka yang berada di tengah dari data tersebut tersisa satu angka saja maka itulah yang ditetapkan sebagai mediannya.

Namun apabila angka yang berada di tengah dari data tersebut ada dua angka maka kamu harus menjumlahkan kedua angka tersebut terlebih dahulu lalu dibagi dengan angka dua untuk menentukan nilai mediannya.

Tapi bagaimana kalau data yang ingin kita cari mediannya terdiri dari banyak angka? Pasti akan sangat melelahkan bukan kalau mencarinya dengan cara manual seperti itu.

Kamu bisa memanfaatkan rumus mencari media di Microsoft Excel yang bisa mendapatkan secara akurat dan cepat.

Itulah cara mencari median di Microsoft Excel yang bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah mudah. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu bingung lagi ya apabila ingin mencari median dari kumpulan data yang cukup banyak.

Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel lengkap dengan rumus media di atas! Berbekal rumus mencari median, kamu bisa mendapatkannya secara akurat.

BACA SELANJUTNYA

Cara Impor Hasil Google Form di Microsoft Excel, Ikuti Langkah Ini