Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 29 Desember 2022 | 20:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perusahaan telah merilis Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro di bulan ini. Tak berhenti di sana, perusahaan juga bakal mengenalkan Xiaomi 13 Ultra pada tahun depan.

Leaker bernama Kartikey Singh membocorkan bahwa HP Xiaomi 13 Ultra akan membawa kamera zoom periskop dengan kemampuan mengesankan.

"Kamera periskop pada Xiaomi 13 Ultra akan mengejutkan semua orang," kata Kartikey Singh. Ia menjelaskan bahwa Xiaomi berusaha menghadirkan kinerja atau fitur yang mengesankan melalui lensa zoom.

Perlu diketahui, Ultra merupakan varian tertinggi pada jajaran HP flagship Xiaomi. Produk sebelumnya, Xiaomi 12S Ultra, mengusung kamera utama dengan sensor Sony IMX989 yang memiliki ukuran besar 1 inci dan resolusi 50 megapiksel.

Sensor primer dilengkapi HyperOIS yang mampu merekam video 8K. Menemani sensor utama, terdapat lensa ultrawide 48 MP (FOV 128 derajat) dan lensa telefoto 48 MP (zoom hingga 120x dan OIS). Perusahaan bekerja sama dengan Leica dalam mengembangkan fitur kamera di HP flagship.

Xiaomi 12S Ultra membawa kamera Leica. Harga Xiaomi 12S Ultra dibanderol mulai dari Rp 13 jutaan. (Xiaomi)

"Sejak 2 tahun terakhir, tidak ada yang dapat menantang Samsung dalam teknologi lensa zoom. Ini membuat Samsung 'malas' dan mereka menggunakan perangkat keras yang sama selama tiga generasi. Meski begitu, keadaan akan berbalik di tahun depan. Monopoli akan berakhir," kata Kartikey Singh menambahkan.

Dikutip dari Gizmochina, modul zoom optik dari Xiaomi 13 Ultra bakal menawarkan kualitas lebih baik dan lebih tajam dibanding 12S Ultra.

Samsung saat ini memang unggul dengan kamera telefotonya. Jika bocoran dari leaker benar, kita bisa melihat penantang Samsung yang sepadan di tahun depan.

Xiaomi 12S Ultra membawa kamera Leica. Harga Xiaomi 12S Ultra dibanderol mulai dari Rp 13 jutaan. (Xiaomi)

HP Xiaomi 13 mengandalkan dapur pacu Snapdragon 8 Gen 2 yang dipasangkan dengan RAM hingga 12 GB. Di sisi lain, spesifikasi Xiaomi 12S Ultra mencakup Snapdragon 8 Plus Gen 1, RAM hingga 12 GB (LPDDR5), dan penyimpanan internal hingga 512 GB (UFS 3.1).

Perangkat mengusung layar AMOLED LTPO 2.0 6,73 inci beresolusi 2K dengan kecepatan refresh 120 Hz.

Fitur layar lainnya termasuk kecerahan puncak 1.500 nits, kerapatan piksel 512 ppi, Dolby Vision, dan HDR10+. Spesifikasi Xiaomi 13 Ultra diharapkan lebih baik dibanding generasi sebelumnya, Xiaomi 12S Ultra.

BACA SELANJUTNYA

Realme: Lensa Telefoto Periskop Jadi Tren Baru Fotografi Smartphone