Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 31 Desember 2022 | 09:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi menyiapkan update MIUI 14 untuk banyak smartphone mereka. Setidaknya ada 11 HP Android yang akan terima pembaruan MIUI pada Januaria 2023 mendatang.

Dilansir laman Livemint, Jumat (30/12/2022), berikut daftar hp Xiaomi yang akan bisa merasakan MIUI 14:

  1. Xiaomi 12S Ultra
  2. Xiaomi 12S Pro
  3. Xiaomi 12S
  4. Xiaomi 12 Pro
  5. Xiaomi 12 Pro Dimensity Edition
  6. Xiaomi 12
  7. Xiaomi Mix Fold 2
  8. Redmi K50 Pro
  9. Redmi K50
  10. Redmi K50 Ultra
  11. Redmi K50 Gaming Edition

Apa hp Xiaomi kamu ada dalam daftar tersebut? Jika memang belum ada, harap bersabar.

Namun perlu diketahui, jika tidak semua HP Xiaomi bisa merasakan MIUI 14 karena perusahaan tetap memberikan batasan masa produksi yang mendapatkan pembaruan.

6 Fitur Terbaru MIUI 14

Logo MIUI 14. (MIUI.com)

Siap meneruma update MIUI 14 pada Januari 2023 mendatang? Simak berikut ini ada enam fitur terbaru MIUI 14 yang menghadirkan peningkatan.

1. Jumlah aplikasi yang dikurangi

MIUI 14 global akan datang dengan lebih sedikit bloatware dibandingkan dengan rilis MIUI global sebelumnya. Pengguna bahkan menemukan lebih dari 15 aplikasi di MIUI lawas. Namun kali ini, hanya ada sekitar delapan aplikasi saja.

Meski demikian, pengguna masih bisa menghapus sebagian besar bloatware kapan pun diinginkan.

2. Fast Connect

Fitur Bluetooth bernama Fast Connect ini memungkinkan pengguna tetap menyalakan Bluetooth namun membuat perangkat berhenti mencari perangkat lainnya di sekitar.

Itu akan aktif jika pengguna mengaktifkannya kembali dan terhubung dengan cepat ke perangkat Bluetooth lain. Pengguna juga masih dapat mematikan Bluetooth sepenuhnya dari pengaturan.

3. New Folders

New Folders merupakan fitur MIUI 14 yang telah lama dibicarakan. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih tata letak folder yang berbeda, di mana folder terlihat lebih besar atau lebih kecil di layar beranda.

Untuk saat ini, baru ada dua layout atau tata letak, tetapi diasumsikan pengembang akan menambah layout baru di masa depan.

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu membuat widget, lalu pergi ke antarmuka edit dan pengguna akan menemukan opsi untuk mengubah tata letak beserta pratinjau di bagian atas.

Pengguna juga dapat mengaktifkan "Suggest highlighted apps" yang menyarankan pengguna aplikasi berdasarkan penggunaannya di folder.

4. Super Icons

Fitur MIUI 14 global baru ini memungkinkan pengguna untuk mengatur ukuran khusus ikon apa pun di layar beranda. Pengguna juga dapat mengatur ikon khusus dari halaman yang sama.

Untuk saat ini, hanya ada empat tata letak ikon, tetapi pembaruan di masa mendatang mungkin akan menambahkan lebih banyak tata letak.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menahan ikon apa saja dan ketuk opsi Set Icon. Setelahnya, halaman fitur baru akan muncul dan pengguna dapat mengubah ukuran ikon bersama dengan ikon lain yang didukung.

5. Wallpaper baru

Pembaruan MIUI 14 lainnya adalah hadirnya wallpaper baru. Pengguna akan memiliki kumpulan wallpaper dengan tema dan desain baru yang bisa dipilih sesuka hati dan menyesuaikannya dengan tampilan perangkat.

6. Widget baru

Xiaomi menghadirkan widget baru di MIUI 14 global, beberapa di antaranya memiliki opsi untuk beralih dengan cepat. Namun sayangnya, masih banyak yang belum diketahui tentang detail widget di MIUI 14.

Sampai sejauh ini masih HP Xiaomi di China yang lebih dulu mendapatkan update MIUI 14. Dan pengguna versi global akan menyusul kemudian.

BACA SELANJUTNYA

HP Entry-Level Terbaru Xiaomi Indonesia, Cek Berapa Harga Redmi A3