Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 02 Januari 2023 | 17:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 disiapkan sebagai chipset terbaru untuk HP flagship berbasis Android. Paling baru, chipset ini diklaim bisa mengalahkan chip Apple A17 Bionic.

Klaim ini berdasarkan pengujian Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang disematkan pada HP Xiaomi 13.

Dikutip dari Suara.com, hasil uji coba yang dilakukan oleh @GoldenReviewer, mengungkap seperti apa performa dari chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 tersebut.

Hasilnya, chipset dari Qualcomm tersebut memiliki performa lebih tinggi ketimbang seri sebelumnya Snapdragon 8 Gen 1 ataupun Snapdragon 8+ Gen 1, sesuai laporan Gizchina, Senin (2/1/2023).

Disebutkan kalau performa keseluruhan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 meningkat 10 persen. Tetapi running speed core Snapdragon 8 Gen 2 masih sama dengan Snapdragon 8+ Gen 1.

Hasil uji coba tersebut juga menemukan kalau Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 hadir dengan efisiensi CPU lebih tinggi.

Meskipun peningkatannya hanya 10 persen secara keseluruhan, tetapi efisiensi core besar diklaim bisa setara dengan Snapdragon 8+ Gen 1.

Core Cortex A715 yang ada di Snapdragon 8 Gen 2 sedikit lebih baik dibandingkan Core Cortex A71 yang ada di chipset sebelumnya.

Hasil ini diklaim kalau Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2  memiliki performa signifikan ketimbang generasi sebelumnya, bahkan dianggap setara chip Apple A16 Bionic.

Sementara itu bocoran terbaru mengatakan kalau Apple segera meluncurkan chip A17 Bionic, Tapi chip itu diklaim akan lebih fokus ke efisiensi baterai.

Alasannya chip Apple A17 Bionic akan membawa fabrikasi 3nm dari yang sebelumnya 3nm. Hal itu menyebabkan kalau chipset tersebut makin boros karena mengkonsumsi daya baterai 35 persen lebih tinggi.

Karenanya Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 diklaim bisa melampaui chip Apple A17 Bionic tersebut. Sayangnya belum banyak HP Android yang sudah menggunakannya. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Qualcomm Bahas Hybrid AI, Dapat Menghasilkan Karya Digital dan Banyak Manfaat