Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 03 Januari 2023 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perangkat Huawei kini menjalankan HarmonyOS. Sejak diperkenalkan, perangkat lunak ini telah menerima reaksi keras dari media, terutama dari non-Cina.

HarmonyOS dikritik sebagai klon Android. Namun, Huawei telah menyangkal hal ini sejak awal. Baru-baru ini, pria di balik perangkat lunak tersebut menegaskan kembali bahwa HarmonyOS berbeda.

Dilansir dari Gizmochina, Wang Chenglu yang dijuluki "Bapak HarmonyOS" di Tiongkok, pada 2014, ia ditunjuk sebagai Presiden departemen perangkat lunak Huawei Consumer Business Group.

Setahun kemudian, ia mulai memimpin tim untuk mengembangkan HarmonyOS selama empat tahun ke depan.

Sebagai CEO Shenzhen Kaihong Digital Industry Development Co., Ltd., Wang Chenglu menyampaikan pidato utama di China Integrated Circuit Summit 2022 pada akhir Desember.

Dalam pidatonya, ia menyebutkan bahwa HarmonyOS bukanlah Android atau iOS. Ini bukan sistem operasi perangkat tunggal.

Dia menjelaskan, tidak seperti Android dan iOS, HarmonyOS dirancang untuk banyak perangkat. Ini adalah OS terpadu yang mendukung penyebaran fleksibel.

Sistem operasi mengikuti prinsip bantuan timbal balik perangkat keras dan berbagi sumber daya. Ini membutuhkan pengembangan satu kali dan dapat digunakan ke beberapa perangkat.

Last but not least, ia dengan bangga menyatakan bahwa HarmonyOS memimpin semua sistem operasi di dunia dalam hal arsitektur teknis.

Ini bukan pertama kalinya Wang Chenglu berbicara di depan umum menentang serangan balik.

Kembali pada Maret 2021, ia menanggapi rumor yang mengatakan bahwa HarmonyOS bukan tiruan dari Android.

Perangkat lunak ini menggunakan komponen AOSP (Android Open Source Project), yang terdiri dari kode dari komunitas sumber terbuka.

BACA SELANJUTNYA

Resmi Rilis ke Indonesia, Cek Apa yang Ditawarkan Huawei FreeBuds Pro 3