Rabu, 29 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 17 Januari 2023 | 15:17 WIB

Hitekno.com - Beredar banyak video yang mengklaim informasi soal iPhone 16 Pro Max terbaru. Bahkan videonya sampai viral di media sosial yang membuat ramai netizen.

Bagaimana tidak, Apple sama sekali belum memberikan informasi soal iPhone 16 maupun iPhone 16 Pro Max.

Tidak seperti video viral di media sosial yang mengklaim berbagai informasi hingga spesifikasi dari perangkat tersebut.

Berdasarkan pantauan HiTekno.com di TikTok, video iPhone 16 Pro Max ini diunggah oleh akun bernama Lord Gadget (@lordgadget).

Video yang mengklaim soal iPhone 16 Pro Max  ini pun sudah diputar hingga 1,6 juta kali, mendapatkan 58,5 ribu likes, dan 1.825 komentar per Selasa (17/1/2023) pukul 14.36 WIB sore ini.

Video viral di media sosial itu mengklaim desain iPhone 16 Pro Max yang diduga hadir dengan lima kamera belakang dengan modul besar. Tak lupa pula logo Apple di tengahnya.

Spesifikasi iPhone 16 Pro Max yang diklaim itu mencakup layar 6,7 inci, resolusi 1290 x 2796 piksel, kamera 108MP, perekaman video 4.320p, RAM 12GB, prosesor Apple A18 Bionic, dan baterai 5.122 mAh.

Picu Perdebatan Netizen

Beredar video viral TikTok memperlihatkan model iPhone 16 Pro Max yang mendapat sorotan netizen Indonesia. [TikTok]

Beberapa netizen pun percaya kalau video itu benar-benar bocoran iPhone 16 Pro Max. Namun tidak sedikit yang menyebut kalau kabar iPhone 16 Pro Max  itu tidak benar.

Berikut komentar netizen Indonesia soal video di media sosial soal klaim iPhone 16 Pro Max tersebut:

"Model cameranya mirip samsung a72 wkwk," kata salah satu netizen.

"kirain boongan ada, ternyata beneran ya," ucap lainnya.

"Ini gk ada sih mnurut ku.. soalnya iphone klau ngeluarin product baru pasti ada notif apple event di icloud," ujar yang lain.

Benarkah iPhone 16 Pro Max?

Viral Video yang mengklaim penampakan iPhone 16 Pro max. (TikTok

Sejauh ini Apple memang belum memberikan informasi apapun soal iPhone 16 Pro Max. Sebab smartphone terbaru mereka saat ini adalah iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Lalu ke mana iPhone 15 series yang sampai sekarang belum diluncurkan Apple, kenapa langsung lompat ke iPhone 16 series?

Tapi sebuah laporan dari Techradar menyatakan kalau iPhone 16 dan iPhone 16 Pro bakal memiliki komponen Face ID atau sensor wajah yang disembunyikan di bawah layar. Fitur ini mirip seperti apa yang ada di HP Android, di mana sensor sidik jari tertanam di bawah layar.

Namun Apple tidak akan menghilangkan cut-out kamera sepenuhnya. Sebab kamera depan di ponsel tersebut bakal tetap terlihat.

Tapi perusahaan asal Cupertino Amerika Serikat itu disebut bisa mengubah desain poni di kamera depan menjadi lubang kecil atau punch hole, mirip seperti yang ada di beberapa HP Android.

Laporan mengklaim kalau perubahan ini hanya muncul ke model iPhone 16 Pro. Nantinya kamera selfie bakal sepenuhnya disembunyikan di bawah layar.

Sayang tidak ada informasi kapan Apple bakal merilis fitur tersebut. Jika benar, maka teknologi itu akan mirip seperti yang ada di ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 4.

Seperti diketahui ponsel tersebut memiliki kamera selfie yang tersembunyi di layar dalam. Hanya saja komponen tersebut masih terlihat, jadi belum hilang sempurna.

Tidak diketahui juga bagaimana efeknya untuk fitur Dynamic Island, poni dinamis yang ikonik di iPhone 13 Pro dan Pro Max.

Di laporan lain, analis Apple Ming-Chi Kuo menyatakan kalau iPhone 16 Pro Max, iPhone 16 Pro, maupun iPhone 16 bakal diluncurkan tahun 2024. Ponsel ini bakal membawa fitur baru berupa sensor Face ID di bawah layar.

Dengan kata lain kebenaran video viral di media sosial yang mengklaim iPhone 16 Pro Max tersebut diragukan. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen