Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 01 Februari 2023 | 19:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara menampilkan persentase baterai di HP Samsung tidaklah sulit. Ada banyak perangkat Android yang secara default tidak menampilkan persentase sisa baterai pada status bar yang terdapat di bagian atas layar. Salah satunya HP Samsung.

Sebaliknya, mereka menampilkan ikon baterai, dan kamu diharapkan memperkirakan berapa banyak yang tersisa berdasarkan seberapa penuhnya. Namun, masa pakai baterai yang tepat ditampilkan di layar Terkunci saat perangkat Android sedang diisi.

Karena tidak terlihat, terkadang kita jadi lupa dan HP bisa saja mati disaat-saat penting. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara menampilkan persentase baterai HP Samsung. Kamu dapat melihat berapa banyak daya yang tersisa dari HP Samsung dengan melihat bilah status di bagian atas layar smartphone.

Berikut cara menampilkan persentase baterai di HP Samsung yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Menampilkan Persentase baterai di HP Samsung

Bilah status menampilkan ikon baterai dan persentase daya yang menunjukkan sisa daya. Persentase yang ditampilkan dapat ditampilkan atau disembunyikan tergantung pada preferensi.

Catatan: Metode untuk mengubah tampilan daya berbeda-beda tergantung pada model HP Samsung. Metode yang ditunjukkan adalah untuk Android 10 dan 12 (langkah untuk Android 11 sama dengan untuk 12).

1. Android 11/12

• Buka Pengaturan.
• Ketuk Notifikasi.
• Geser ke atas dan ketuk Pengaturan Lanjutan.
• Ketuk saklar Tampilkan persentase baterai untuk menampilkan atau menyembunyikan persentase baterai.

2. Android 10

• Buka Pengaturan.
• Ketuk Notifikasi.
• Ketuk pada bilah Status.
• Ketuk saklar Tampilkan persentase baterai untuk menampilkan atau menyembunyikan persentase baterai.

Yang Perlu Diketahui Tentang Persentase Baterai di HP

Persentase baterai sangat membantu untuk melihat nomor tertentu untuk masa pakai baterai daripada bilah hijau atau kuning yang solid.

• Jumlahnya tidak selalu akurat. Terkadang, jumlahnya mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai sebenarnya. Ketidakkonsistenan ini terutama terjadi pada smartphone lama dengan baterai yang mulai menua. Jangan andalkan akurasi sisa 2% jika kamu mengalami kemacetan.
• 100% tidak selalu berarti 100%. Karena cara produsen smartphone mendesain smartphone, 100% tidak selalu berarti baterai terisi penuh. Seringkali perangkat lunak telepon mengisi daya ke nilai yang dirasa paling efisien untuk kamu sambil memastikan baterai kamu tetap dalam kondisi optimal.
• Terobsesi dengan masa pakai baterai bisa memperburuknya. Mengaktifkan layar ponsel secara terus-menerus untuk memeriksa masa pakai baterai tidak baik untuk masa pakai baterai yang tersisa. Ini hanya akan menghabiskan baterai secara bertahap sambil membuat stres.

Cara menampilkan persentase baterai di HP Samsung yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencoba. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Software Update Samsung Galaxy Tab S9 Series, Hadirkan Galaxy AI