Senin, 18 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 03 Februari 2023 | 11:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terra Drone Corporation mendapatkan pendanaan dari Wa'ed Ventures anak usaha dari Aramco. Perusahaan teknologi drone ini meraih pendanaan dari perusaahan modal ventura tersebut senilai 14 juta dolar AS atau setara Rp 200 miliar.

Dengan pendanaan ini, Terra Drone akan mendirikan anak usaha baru di Arab Saudi, Terra Drone Arabia. Pendirian perusahaan baru tersebut sejalan dengan "Visi 2030" pemerintah Arab Saudi.

Pertama kali dicanangkan pada 2016, rencana reformasi "Visi 2030" ingin memicu transformasi ekonomi di Arab Saudi dengan mengurangi ketergantungan negara ini pada hidrokarbon.

Maka, teknologi pun menjadi unsur penting dari inisiatif tersebut, dan pemerintah Arab Saudi gencar meningkatkan penggunaan drone untuk sejumlah layanan, seperti inspeksi aset.

Wa'ed Ventures didirkan Aramco sejak 2013 untuk mengembangkan inovasi dengan menyuntikkan investasi pada usaha rintisan yang mengembangkan perekonomian Arab Saudi.

Investasi pada Terra Drone merupakan investasi pertama Wa'ed Ventures pada usaha rintisan asal Asia.

Dengan demikian, hal tersebut membuktikan visi, solusi digital yang mutakhir, dan teknologi drone yang canggih dari Terra Drone.

Selanjutnya, Terra Drone akan mendirikan sebuah anak usaha baru yang mengandalkan pengalaman bisnis Terra Drone di dunia, terutama kiprahnya sebagai vendor drone No.1 dunia dalam bidang survei, inspeksi, dan unmanned traffic management (UTM).

Dengan mendirikan Terra Drone Arabia, perusahaan teknologi drone ini akan menyediakan layanan inspeksi migas. Anak usaha yang baru ini juga membantu ekspansi global Terra Drone sebagai salah satu dari dua vendor drone terkemuka di dunia.

Saat ini, Terra Drone menyediakan drone dan solusi Urban Air Mobility (UAM) di 10 negara.

Di sisi lain, Unifly menjadi vendor teknologi UTM terbesar di dunia, serta memiliki jangkauan luas di Eropa dan Amerika Utara. Terra Drone merupakan pemegang saham terbesar Unifly. 

Anak usaha baru Terra Drone Arabia akan terus mempromosikan layanan inspeksi drone demi mendukung perekonomian Arab Saudi, menjamin keamanan dan efisiensi UAM di negara ini, serta berinvestasi dalam pertumbuhan kedua industri vertikal tersebut. 

BACA SELANJUTNYA

5 Drone Murah di Bawah 500 Ribuan, Cocok untuk Pemula