Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 04 Februari 2023 | 09:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung resmi merilis HP flagship terbaru pada Kamis (02/02/2023) lalu. Perusahaan kini memberikan rincian penjelasan mengenai fitur dan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra.

Perlu diketahui, anggota Galaxy S23 series mencakup Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra.

Versi Ultra merupakan model tertinggi di dalam jajaran Galaxy S23 series. HP Samsung Galaxy S23 Ultra 5G mengusung Adaptive Pixel 200 MP terbaru yang diklaim mampu merekam tiap momen epic dengan tingkat presisi tinggi.

Inovasi tersebut didukung dengan teknologi pixel binning yang mampu menjalankan berbagai tingkatan pemrosesan beresolusi tinggi dalam satu waktu.

Kamera milik Samsung Galaxy S23 Ultra memungkinkan perekaman 8K pada 30 fps dan 4K pada 60 fps.

Inovasi Teknologi dari ISOCELL HP2

Samsung Galaxy S23 Ultra. (Samsung)

 

Adaptive Pixel 200 MP di Galaxy S23 Ultra 5G hadir berkat ISOCELL HP2, sensor gambar terbaru Samsung dengan kemampuan yang memungkinkan detail gambar dengan resolusi 16 kali lebih tinggi tanpa membuat ukuran fisik kamera terlalu besar.

Dalam hal ini, ISOCELL HP2 membungkus 200 juta piksel berukuran 0,6μm dalam format optik 1/1,3 inci yang banyak digunakan di kamera 108 MP.

Jadi, pengguna bisa menikmati resolusi yang lebih tinggi tanpa harus terganggu dengan kamera yang lebih besar dan lebih tebal. Tampilan belakang perangkat pun tetap sleek.

ISOCELL HP2 telah mengusung teknologi pixel-binning terkini dari Samsung, Tetrapixel, yang diklaim membuat kamera dapat menciptakan gambar minim noise di tiap kondisi pencahayaan.

Saat terang, sensor akan memakai mode 0,6 μm 200 MP agar tak menangkap terlalu banyak cahaya untuk hasil gambar yang lebih jernih dan tidak overexposure.

Galaxy S23 Ultra 5G menghadirkan inovasi Adaptive Pixel 200 MP dengan desain kamera tetap ramping. (Samsung)

Lalu, ketika situasi makin redup, maka sensor akan beradaptasi ke mode 1,2 μm 50 MP atau 2,4 μm 12,5 MP, di mana Tetrapixel menggabungkan piksel-piksel terdekat menjadi satu piksel yang lebih besar untuk menangkap lebih banyak cahaya, sehingga hasil gambar tetap tajam dan detail walau di kondisi low light.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, ISOCELL HP2 dibekali teknologi Super QPD untuk menawarkan kemampuan auto-focus yang lebih maksimal, khususnya di kondisi minim cahaya.

Super QPD memungkinkan ISOCELL HP2 memakai seluruh 200 juta piksel untuk pemfokusan, jauh meningkat dibanding sensor gambar 108 MP pendahulunya yang hanya bisa menggunakan 3 persen dari pikselnya untuk pemfokusan.

Perusahaan mengklaim bahwa kamera bisa melakukan auto-focus dengan lebih cepat dan lebih akurat dengan shutter lag yang lebih minim, bahkan di kondisi 1 lux yang setara dengan kondisi sebuah ruangan yang hanya diterangi sebuah lilin.

Kamera Samsung Galaxy S23 series. (Samsung)

ISOCELL HP2 juga dilengkapi Dual Slope Gain (DSG) yang memungkinkan mode HDR digunakan di resolusi 50 MP (saat kebanyakan smartphone hanya mendukung mode HDR di resolusi 12,5 MP).

Hal tersebut pun bisa dilakukan tanpa bantuan prosesor, di mana ini menjadi yang pertama di industri. Teknologi DSG didukung Smart-ISO Pro yang mampu menggabungkan ISO tinggi dan ISO rendah dalam satu pengaturan exposure ketika memotret di tempat dengan perbedaan pencahayaan yang kontras.

Dengan begitu, perangkat diklaim akan mendapatkan foto HDR yang lebih vivid, lebih detail, dan minim blur baik di kondisi terang, minim cahaya, maupun perpaduan keduanya.

Hasil Foto dan Video Nightography

Hasil kamera Samsung Galaxy S23 Ultra. (Samsung)

 

Peningkatan teknologi Nightography didukung pengembangan fitur-fitur fotografi dan videografi di malam hari.

Fitur Night Portrait kini telah dibekali AI pengenal objek terbarukan untuk low light portrait yang lebih detail dan realistis, klaim Samsung.

Smartphone membenamkan fitur Expert Raw pada menu kamera, sehingga pengguna bisa menangkap keindahan bintang di langit dengan Astrophoto, layaknya menggunakan kamera profesional tanpa peralatan khusus.

Fitur ini juga memiliki mode Multi Exposure yang memungkinkan pengguna berkreasi dengan teknik fotografi profesional untuk menyatukan dua gambar atau lebih dalam satu frame foto.

HP Samsung Galaxy S23 Ultra memiliki tiga kamera belakang berkonfigurasi 200 MP (primer, OIS) + 10 MP (periskop telefoto, OIS, 10x optical zoom) + 12 MP (ultrawide, 120 derajat).

Punch-hole di bagian depan digunakan sebagai tempat kamera selfie 12 MP. Samsung Galaxy S23 Ultra dibanderol dengan harga Rp 19.999.000 (12GB/256GB), Rp 21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp 25.999.000 (12GB/1TB).

BACA SELANJUTNYA

Penjualan Perdana, Lebih dari 3.000 Unit Xiaomi 14 Ludes dalam Sehari