Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 04 Februari 2023 | 13:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa itu Android Auto dan kegunaannya, ada kaitannya dengan HP Android? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum penjelasan fungsi dan cara pakai Android Auto terkait dengan mobil dan HP Android.

Secara sederhana, Android Auto adalah antarmuka yang menggantikan stok atau UI default pada sistem hiburan mobil dan memberi kamu lebih banyak opsi seperti kemampuan untuk menggunakan Peta, mengontrol pemutaran media, melakukan panggilan, dan lain-lain.

Smartphone akan disambungkan ke layar pada sistem infotainment mobil, baik dengan menghubungkannya melalui kabel USB atau secara nirkabel, yang merupakan implementasi terbaru. Ini adalah teman berkendara yang dapat Kamu gunakan untuk menjalankan berbagai fungsi tanpa terganggu saat mengemudi.

Ide utamanya adalah menampilkan ikon besar, tombol, dan menu yang mudah dipilih dan juga menggunakan suara sebagai metode input utama. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan untuk menavigasi ke tujuan atau melakukan panggilan.

Fungsi Android Auto

Android Auto dapat melakukan hampir semua hal yang dapat dilakukan oleh smartphone Android; itu hanya tweak dan fine-tuned untuk pengaturan otomotif. Ide dasarnya adalah meraba-raba HP Android saat mengemudi itu sulit dan berbahaya, dan Android Auto meringankan sebagian dari itu.

Tiga fungsi utama Android Auto adalah menyediakan:

  • Petunjuk arah belokan demi belokan
  • Panggilan bebas genggam
  • Pemutar audio

Namun, sistem dapat disesuaikan lebih dari itu. Misalnya, petunjuk belokan demi belokan di Android Auto ditangani oleh Google Maps, tetapi integrasi Waze juga bisa didukung. Kamu juga dapat menyesuaikan Android Auto dengan mempersonalisasi layar peluncur dan mengaktifkan mode gelap.

Pemutar audio di Android Auto bersifat fleksibel. Defaultnya adalah YouTube Music, tetapi kamu dapat mendengarkan perpustakaan lagu lokal di HP. Aplikasi ini juga mendukung integrasi dengan Pandora dan Spotify, podcatcher seperti Pocket Casts, dan lainnya.

Android Auto menyertakan kartu cuaca bawaan untuk menunjukkan kondisi di lokasi kamu saat ini, yang berguna dalam perjalanan jauh. Itu dapat berintegrasi dengan HP Android dan mendukung aplikasi obrolan dan suara lainnya seperti Skype.

Saat kamu menerima pesan teks atau pesan melalui aplikasi seperti Skype, Android Auto dapat membacanya dengan lantang. Pada musim panas 2021, Android Auto membuat keseluruhan pengalaman perpesanan menjadi lebih mudah digunakan.

Cara Pakai Android Auto

Jika smartphone dan mobil kompatibel dengan Android Auto, langkah selanjutnya adalah menghubungkan smartphone ke sistem hiburan mobil dan memasangkannya sehingga semua informasi dan aplikasi di smartphone dapat ditampilkan di layar mobil.

Ada dua cara untuk melakukan proses penyambungan ini, sekali lagi tergantung pada dukungan yang dimiliki smartphone dan mobil. Beberapa smartphone dan mobil memerlukan kabel USB sementara beberapa smartphone dan mobil modern memiliki dukungan nirkabel.

Kabel Android Auto vs Nirkabel Android Auto

Jika smartphone menjalankan Android 11 ke atas, maka selamat, smartphone kamu kompatibel dengan Android Auto nirkabel. Ini berarti kamu tidak perlu mencolokkan HP Android dengan kabel setiap kali ingin menggunakan Android Auto di mobil, asalkan mobil kamu juga memiliki dukungan nirkabel.

Nirkabel Android Auto berfungsi melalui koneksi Wi-Fi 5GHz dan membutuhkan head unit mobil serta smartphone untuk mendukung Wi-Fi Direct melalui frekuensi 5GHz. Saat koneksi terjadi melalui Wi-Fi, kamu memerlukan koneksi data aktif di smartphone untuk mengakses internet di Android Auto.

Jika smartphone atau mobil tidak kompatibel dengan Android Auto nirkabel, kamu harus menjalankannya melalui koneksi kabel. Kumpulan fitur yang dapat kamu gunakan melalui koneksi kabel dan nirkabel adalah sama.

Itulah fungsi dan cara pakai Android Auto yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencoba fitur penghubung HP Android dan mobil tersebut.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Daftar Kode Cheat Rumble Racing PS2 Bisa Membuka Semua Mobil