Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 04 Februari 2023 | 18:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sony resmi meluncurkan lensa zoom standar baru dengan berbagai fitur mernarik. Yakni lensa Sony FE 20-70mm F4 G Ultra-Wide yang ditujukan untuk kamera mirrorless full-frame.

Cek apa seperti apa spesifikasi dan harga Sony FE 20-70mm F4 G Ultra-Wide model - SEL2070G ini?

Lensa Sony FE 20-70mm F4 G Ultra-Wide hadir sebagai lensa full-frame yang sangat ringkas dan ringan, dengan apertur F4 konstan di seluruh rentang zoom.

Dengan kualitas gambar G Lens, akurasi kecepatan tinggi dan pelacakan AF yang luar biasa, serta desain yang cerdas untuk mobilitas dan pengoperasian maksimum, lensa terbaru ini dirancang untuk berbagai kreator.

Lensa Sony FE 20-70mm F4 G adalah pilihan yang tepat untuk berbagai pengambilan konten, seperti vlogging dan produksi video hingga pengambilan gambar portrait, serta landscape, membuatnya cocok digunakan oleh para fotografer dan videografer dengan genre travel, street dan landscape.

Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, "Dengan diperkenalkannya FE 20-70mm F4 G, kategori lensa zoom standar telah ditingkatkan. Lensa dengan konsep baru ini memiliki rentang zoom ultra-wide yang luar biasa dari 20 mm hingga 70 mm untuk memastikan keserbagunaan yang sesungguhnya, dirancang dengan sempurna untuk kreator foto dan video dengan gambar yang canggih dan pengoperasian tingkat tinggi."

Zoom standar terbaru yang ringkas dan ringan mencakup ultra-wide 20-70 mm

Dengan rentang zoom ultra-wide 20 mm hingga 70 mm yang belum pernah ada sebelumnya dan apertur F4 konstan, FE 20-70mm F4 G menawarkan performa optik yang luar biasa dalam lensa yang sangat ringkas dan ringan berkat desain lensa terbaru dari Sony dan teknologi XD (extreme dynamic) Linear Motors.

Dikombinasikan dengan bodi mirrorless yang ringkas, lensa ini dapat menghasilkan kualitas gambar yang luar biasa dalam situasi apa pun pada semua panjang fokus. Pilihan yang tepat untuk pengambilan gambar dengan jumlah peralatan yang minimal.

Terlebih lagi, ujung ultra-wide 20 mm pada rentang zoom memungkinkan untuk mempertahankan sudut pandang lebar saat merekam video dengan rasio aspek 16:9 atau 2,35:1.

Sony FE 20-70mm F4 G Ultra-Wide. (Sony)

Kualitas gambar G Lens

Lensa Sony FE 20-70mm F4 G Ultra-Wide terbaru menghasilkan kualitas gambar yang memukau dan bokeh indah yang sepenuhnya selaras dengan logo G Lens.

Dengan teknologi terbaru Sony, lensa terbaru ini menawarkan kualitas gambar G Lens yang unik dalam lensa yang sangat ringkas dan ringan. Dengan dua elemen AA (advanced aspherical), satu elemen aspherical, tiga elemen kaca ED (Extra-low Dispersion) dan satu elemen ED aspherical, desain optik canggih lensa ini mengoreksi aberasi kromatik dan spherical secara bersamaan untuk performa optik yang sangat tinggi di seluruh rentang zoom.

Lapisan yang telah dioptimalkan menambah ketahanan terhadap flare dan ghost yang tinggi pada desain optik yang superior ini, untuk kontras dan kejernihan yang luar biasa.

Bokeh yang indah dapat dicapai dengan sensor gambar full-frame dan lebih ditingkatkan lagi dengan apertur melingkar 9-bilah, serta aberasi spherical yang disesuaikan secara optimal. Semua ini mendukung pembuatan gambar yang mengagumkan dan mengesankan.

Jarak pemfokusan minimum FE 20-70mm F4 G yang pendek membuatnya mudah untuk melakukan manuver di sekitar subjek, seperti bunga kecil, untuk menemukan sudut ideal (0,3 meter pada ujung lebar dan 0,25 meter pada ujung telefoto dari rentang zoom apabila menggunakan AF). Pembesaran maksimum adalah 0,39x untuk close-up yang dinamis dan detail.

Memaksimalkan performa AF kamera untuk foto dan video

Kelompok fokus lensa digerakkan oleh dua XD Linear Motors terbaru Sony yang memberikan tenaga besar untuk penggerak fokus cepat, senyap dan rendah getaran. Efisiensi tenaga telah ditingkatkan secara signifikan dari model sebelumnya, menghasilkan peningkatan kecepatan AF hingga 60%.

Karena performa pelacakan telah ditingkatkan sekitar 2 kali lipat dibandingkan model sebelumnya, subjek yang bergerak dapat dilacak dengan keandalan dan presisi yang konsisten. Keandalan pelacakan dapat dicapai saat pengambilan foto beruntun dari subjek yang bergerak cepat hingga 30 frame per detik dengan bodi Alpha 1, serta dapat merekam dengan halus saat merekam video pada frame rate tinggi.

Performa video yang didesain untuk gambar yang disempurnakan

FE 20-70mm F4 G dilengkapi dengan teknologi lensa terbaru untuk mengurangi focus breathing, serta pergeseran fokus dan aksial ketika melakukan zoom untuk memastikan pengambilan gambar dengan kualitas tertinggi. Lensa ini juga telah dirancang dengan cermat untuk pengoperasian yang senyap saat perekaman video, dengan XD linear motors yang canggih dan unit apertur yang baru dikembangkan, sehingga mengurangi kebisingan dan getaran secara signifikan.

Stabilisasi gambar Mode Aktif dari kamera seri Alpha sangat efektif pada ujung ultra-wide 20 mm dari rentang zoom FE 20-70mm F4 G, memberikan performa stabilisasi gambar yang luar biasa, sekaligus mempertahankan sudut pandang yang lebar. Hal ini khususnya berguna untuk melakukan perekaman handheld yang halus dan stabil saat berjalan.

Fokus sangat penting ketika merekam video 4K atau 8K resolusi tinggi. FE 20-70mm F4 G cocok dengan bodi kamera seri Alpha untuk mendapatkan fokus yang akurat dengan mudah dan melacak subjek yang bergerak cepat dengan halus berkat dua XD Linear Motors bertenaga besar, serta sistem kontrol tingkat tinggi dalam lensa yang ringkas dan ringan. Kemampuan untuk menyerahkan pemfokusan pada kamera ketika pengambilan gambar tunggal dapat menjadi keuntungan besar.

Linear Response MF memastikan bahwa cincin fokus merespons secara langsung dan linear terhadap kontrol yang halus saat melakukan pemfokusan secara manual. Cincin apertur independen menawarkan kontrol apertur yang langsung dan intuitif.

Pengoperasian dan keandalan tingkat tinggi untuk lingkungan apa pun

Cincin fokus, zoom, dan apertur independen dari FE 20-70mm F4 G yang baru memiliki diameter, lebar, dan pemosisian yang dioptimalkan untuk kontrol penuh ketika pengambilan gambar foto, serta keserbagunaan maksimum ketika merekam video.

Tombol penahan fokus yang dapat disesuaikan tersedia di dua lokasi untuk memudahkan akses dan kontrol yang nyaman, serta tombol mode fokus pada sisi lensa memungkinkan untuk beralih antara autofokus dan fokus manual agar beradaptasi secara cepat dengan kondisi pengambilan gambar yang berubah-ubah.

Meskipun ultra wide-angle, lensa ini kompatibel dengan filter polarisasi melingkar ke bagian tepi lensa, sehingga pengguna memiliki kontrol penuh untuk berkreasi. Lensa ini juga menyertakan tombol Iris Lock untuk mencegah perubahan yang tidak diinginkan saat pengambilan gambar.

Lebih lagi, FE 20-70mm F4 G memiliki desain tahan debu dan kelembapan, serta elemen lensa depan berlapis fluorin yang dapat menahan sidik jari, debu, air, minyak dan kontaminan lainnya.

Harga dan Ketersediaan

Sony FE 20-70mm F4 G Ultra-Wide terbaru akan tersedia di Indonesia pada bulan Maret 2023 dengan harga Rp16.999.000. Pembelian secara pre-order dapat dilakukan mulai tanggal 3 hingga 19 Februari 2023 di berbagai Sony authorized dealers. Untuk pembelian dalam masa pre-order, para pelanggan akan mendapatkan Special Lens Bag secara gratis.

Dengan harga Sony FE 20-70mm F4 G Ultra-Wide di atas, berminat meminang lensa Sony tersebut?

BACA SELANJUTNYA

Calon HP Lipat Anyar, Begini Desain Sony Xperia Compact