Sabtu, 25 Maret 2023
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 05 Februari 2023 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Artikel ini akan membahas perbedaan antara NPU, APU, CPU, dan GPU. Keempat jenis chip ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dalam sistem komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami perbedaan masing-masing chip agar dapat memilih yang tepat untuk kebutuhan dan penerapan yang spesifik.

Pembahasan ini akan memberikan deskripsi singkat tentang fungsi dan peran masing-masing chip, sehingga dapat membantu pembaca memahami perbedaan antara NPU, APU, CPU, dan GPU.

NPU, APU, CPU, dan GPU adalah jenis chip yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya. Masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

  • NPU (Neural Processing Unit) adalah chip yang dibuat khusus untuk menangani tugas-tugas pemrosesan data dan analisis yang melibatkan jaringan saraf tiruan (neural network).
  • APU (Accelerated Processing Unit) adalah chip yang menggabungkan CPU dan GPU dalam satu paket. APU memungkinkan CPU dan GPU untuk bekerja sama dan saling membantu dalam melakukan tugas.
  • CPU (Central Processing Unit) adalah chip yang mengendalikan seluruh aktivitas komputer dan bertanggung jawab untuk memproses data dan menjalankan aplikasi.
  • GPU (Graphics Processing Unit) adalah chip yang bertanggung jawab untuk menangani tugas grafis dan pemrosesan visual seperti rendering gambar 3D, video, dan animasi.

Secara umum, NPU dan APU dioptimalkan untuk tugas-tugas komputasi intensif, sementara CPU dan GPU ditujukan untuk tugas-tugas yang memerlukan pemrosesan visual dan grafis yang cepat.

Namun demikian, fungsi dan peran masing-masing chip dapat berbeda-beda tergantung pada jenis perangkat dan aplikasi yang digunakan.

BACA SELANJUTNYA

Dereta Teknologi Terkini yang Dipamerkan MediaTek di CES 2023