Sabtu, 24 Februari 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 06 Februari 2023 | 16:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kabar mengenai Android 14 telah mengemuka pada beberapa minggu terakhir. Google akan memberikan sejumlah fitur baru pada sistem operasi Android 14 anyar.

Perusahaan mengklaim bahwa Android 14 nantinya terbebas dari Malware. Google memang belum mengumumkan tanggal perilisan Android 14 secara resmi.

Meski begitu, pengenalan tahap awal Android 14 diyakini dapat hadir dalam waktu dekat.

Kita bisa menelusuri jadwal update jika kita menganalisa strategi yang biasa dilakukan Google dengan sistemnya.

Pratinjau Dev, peningkatan eksperimental untuk Google Pixel (kemungkinan dimulai dengan Pixel 5 dan yang lebih baru), akan menjadi yang pertama terlihat saat diluncurkan pada Februari 2023.

Android 13. (Android)

Kita harus menunggu hingga Google I/O, acara terbesar perusahaan, untuk beta terbuka pertama Android 14.

Dari tahun-tahun sebelumnya, Mei 2023, tetapi tanggal pastinya tidak diketahui.

Beta akan dirilis pada Mei, Pratinjau Dev pada Februari. Dan versi finalnya di akhir musim panas, kemungkinan besar di September mendatang.

Android 14 final dan stabil pasti akan diluncurkan menjelang akhir Agustus atau awal September 2023.

Google akan secara resmi menamai versi sistemnya sebagai Android 14. Sekarang Android 13 adalah Tiramisu, saatnya pencuci mulut dengan "U".

Untuk perangkat kompatibel dengan Android 14 memang masih belum diketahui. Tapi sudah bisa diduga jika yang pertama kali mendapat pembaruan adalah Pixel.

Cara Pembaruan Android 14

Setiap pabrikan akan menerbitkan garis waktu untuk memperbarui perangkat yang ada ke Android 14 dan metode untuk melakukannya.

Secara umum, notifikasi pembaruan harus muncul segera setelah perangkat seluler memilikinya.

Setelah Android 14 digunakan, juga praktis untuk melakukan pencarian manual melalui pengaturan sistem.

Salah satu rumor terbesar seputar Android 14 adalah ia akan hadir dengan fitur baru bernama "Material You".

Fitur ini memungkinkan pengguna menyesuaikan antarmuka pengguna perangkat sesuai keinginan mereka, dengan berbagai pilihan warna dan bahan yang berbeda.

Ini akan memungkinkan pengguna membuat perangkat mereka terlihat dan terasa unik bagi mereka, dan bisa menjadi nilai jual utama untuk Android 14.

Fitur lain yang dikabarkan dari Android 14 adalah peningkatan penggunaan jaringan.

Ini dapat mencakup alat baru untuk membantu mengelola penggunaan data, serta fitur baru untuk membantu pengguna menghemat data saat menggunakan perangkat mereka.

Fitur baru lainnya di Android 14 adalah penyimpanan otomatis media yang masuk.

Ini akan memungkinkan pengguna untuk secara otomatis menyimpan foto dan video dari pesan masuk, tanpa harus menyimpannya secara manual.

Ini bisa menjadi penghemat waktu utama bagi pengguna, dan akan memudahkan untuk melacak media penting.

Izin media terperinci juga bisa menjadi fitur baru di Android 14.

Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengatur berbagai tingkat akses ke berbagai jenis media, seperti foto atau video, berdasarkan per aplikasi.

Fitur ini akan memberi pengguna kontrol yang lebih besar atas privasi dan keamanan mereka, dan akan membantu mencegah akses yang tidak diinginkan ke informasi sensitif.

Dilansir dari laman Gizmochina, Senin (6/2/2023), berikut deretan fitur baru lainnya yang diprediksi siap hadir di Android 14.

1. Health Connect

Fitur baru ini membantu pengguna tetap terhubung dengan data kesehatan dan kebugaran mereka dari berbagai perangkat.

Pengguna akan dapat melihat semua data kesehatan dan kebugaran mereka dari berbagai perangkat di satu tempat, sehingga memudahkan mereka untuk melacak kemajuan dan menetapkan target.

2. Koneksi Satelit

Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan satelit saat berada di luar jangkauan jaringan lain, sehingga memungkinkan untuk tetap terhubung meski berada di daerah terpencil atau pedesaan.

Ini akan sangat berguna bagi orang-orang yang sering bepergian ke daerah terpencil, karena mereka sekarang dapat tetap terhubung bahkan ketika mereka berada jauh dari jaringan reguler mereka.

3. Gestur Navigasi

Dengan fitur baru ini, pengguna akan dapat menavigasi perangkat mereka dengan mudah menggunakan berbagai gerakan.

Ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dan fungsi, dan juga akan membantu merapikan layar, membuatnya lebih mudah untuk melihat apa yang sedang terjadi.

Google telah merilis Pratinjau Pengembang Android 14, memberi pengembang kesempatan untuk mulai mengembangkan aplikasi dan fitur baru.

Pratinjau Dev akan memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi mereka dan melihat bagaimana kinerjanya pada sistem operasi baru, sehingga mereka dapat membuat perubahan yang diperlukan sebelum rilis resmi. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Mission EVO Rilis di Google Play Store, Game Survival Shooter Terbaru