Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 08 Februari 2023 | 08:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Firma riset pasar Canalys akhirnya menerbitkan laporan penguasa pasar HP di Indonesia sepanjang kuartal empat atau Q4 2022 kemarin. Laporan yang menempatkan Oppo sebagai raja pasar HP di Indonesia di atas brand lainnya.

Berdasarkan laporan riset pasar Canalys tersebut, Oppo sukses menjadi pemuncak pasar HP di Indonesia melalmpui brand ternama lainnya. Seperti Samsung dan Vivo yang selama ini jadi pesaing.

Dikutip dari Suara.com, Canalys melaporkan kalau Oppo memiliki pangsa pasar (market share) tertinggi dengan pangsa pasar 27 persen dan pertumbuhan tahunan (annual growth) 0 persen.

Angka yang dicapai Oppo ini jauh di atas Samsung yang ada di peringkat kedua dengan market share 18 persen.

Sementara itu Vivo memiliki pangsa pasar tipis dengan Samsung dengan persentase 17 persen. Tapi pertumbuhan tahunannya paling anjlok dibanding merek lain dengan persentase 37 persen.

Xiaomi menempati posisi keempat dengan persentase 13 persen, jauh dari Vivo di atasnya. Sedangkan Realme ada di posisi kelima dengan persentase 12 persen, tipis dari Xiaomi.

Oppo A77s. (HiTekno.com)

Berikut daftar HP terlaris di Indonesia per Q4 2022 versi Canalys:

  1. Oppo = 27 persen, pertumbuhan tahunan 0 persen
  2. Samsung = 18 persen, pertumbuhan tahunan -10 persen
  3. Vivo = 17 persen, pertumbuhan tahunan -37 persen
  4. Xiaomi = 13 persen, pertumbuhan tahunan -31 persen
  5. Realme = 12 persen, pertumbuhan tahunan -27 persen

Jika dibandingkan dengan daftar Canalys versi Q3 2022 sebelumnya, peringkat ini masih sama seperti sebelumnya. Itu artinya Oppo tetap mempertahankan posisi atas dalam pangsa pasar HP di Indonesia.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan kalau model HP yang mendongkrak posisi Oppo di paling atas adalah seri A, yang mana itu adalah kelas bawah ke tengah atau disebut Aryo low to middle.

"A series masih jauh lebih besar," kata dia tanpa menyebutkan berapa persentase dibanding seri Reno maupun Find.

Lebih lanjut ia menyatakan kalau riset Canalys ini membuktikan kalau ponsel buatan mereka mudah diterima konsumen di Indonesia dengan baik.

Ia juga mengakui kalau Oppo Indonesia tidak pernah mengejar target di posisi berapa pun, melainkan lebih ke bagaimana cara menyajikan produk yang bisa diterima oleh konsumen.

"Sehingga otomatis angka tersebut mengikuti sendiri," kata Aryo di sela-sela peluncuran Oppo Reno8 T di Gandaria City, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Itulah laporan terkini dari Canalys yang menempatkan Oppo sebagai penguasa pasar HP di Indonesia pada Q4 2022 kemarin. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Warna Baru Lebih Memukau, Samsung Galaxy A05s Light Violet Resmi Tiba