Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 09 Februari 2023 | 19:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam sebuah laporan baru-baru ini, Asosiasi Industri Semikonduktor mengumumkan bahwa penjualan semikonduktor global untuk tahun 2022 mencapai $573.5 miliar, menunjukkan peningkatan 3.2% dari tahun lalu.

Dilansir dari GizmochinaChina masih memegang posisi nomor satu di pasar semikonduktor yang menyumbang sepertiga dari pendapatan global. Ini juga merupakan penjualan global tertinggi yang pernah dilaporkan oleh industri, meskipun perang teknologi Amerika Serikat-China sedang berlangsung dan penurunan ekonomi.

Presiden dan CEO, John Neuffer, mengatakan bahwa pasar semikonduktor global mengalami pasang surut yang signifikan pada tahun 2022, dengan rekor penjualan tertinggi di awal tahun diikuti oleh penurunan siklus yang terjadi di akhir tahun.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa meskipun ada fluktuasi jangka pendek dalam penjualan karena siklus pasar dan kondisi ekonomi makro, prospek jangka panjang untuk pasar semikonduktor tetap sangat kuat, karena peran chip yang terus meningkat dalam membuat dunia lebih pintar, lebih efisien, dan terhubung lebih baik.

China yang bertujuan untuk menjadi pemimpin global dalam kecerdasan buatan dan komputasi kuantum membutuhkan pasokan semikonduktor yang tidak terputus untuk mencapai target ini. Namun, negara itu menghadapi tekanan besar di bawah sanksi AS atas ekspor semikonduktor ke China.

Tahun lalu AS memperkenalkan peningkatan pembatasan ekspor semikonduktor ke China untuk menghentikan kemajuannya dalam AI dan mengganggu kemajuannya dalam pembuatan chip. Pembatasan ini menghentikan perusahaan AS dan beberapa sekutunya seperti Belanda dan Jepang untuk menyediakan mesin, peralatan, personel, dan pengetahuan teknis kepada perusahaan China.

BACA SELANJUTNYA

Bermodal Pistol Nintendo Jadul, Orang Ini Sukses Merampok Toko tetapi Akhirnya Diringkus