Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 10 Februari 2023 | 15:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NVIDIA mengumumkan bahwa mereka telah berkolaborasi dengan ASUS dan GeForce Official Store untuk menghadirkan perangkat PC bagi para konten kreator. Perusahaan turut mengungkap sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan oleh GeForce RTX 40.

Perlu diketahui, kolaborasi tersebut dikelola oleh COC Komputer dan Techindo. Mereka akan menyediakan PC rakitan dengan prosesor kencang (hingga Intel Core i7 Gen 13) dan opsi hingga NVIDIA GeForce RTX 4080.

NVIDIA mengklaim bahwa jajaran GeForce RTX 40 Series Studio PCs dapat menghadirkan performa luar biasa, khususnya dalam mendukung proses perenderan 3D, pengeditan video, dan desain grafis.

Teknologi terbaru disediakan agar kreator bisa merasakan sendiri bagaimana akselerasi RTX yang kaya fitur melalui sejumlah aplikasi kreatif terpopuler, NVIDIA Studio Drivers berkelas dunia, serta sejumlah tools eksklusif yang makin memperkuat RTX dalam mendayai kerja-kerja kreatif yang didukung oleh teknologi AI.

Stiker bertuliskan ‘GeForce RTX Studio PC’ pada sasis selubung luar PC merupakan penanda bahwa sistem tersebut telah memperoleh validasi dari NVIDIA Studio.

Produk PC yang didukung oleh NVIDIA Studio. (NVIDIA)

Di Indonesia, jajaran baru keluarga produk ini diperkenalkan oleh Doss Guava XR Studio, sebuah studio produksi film dan konten digital terkemuka di Asia Tenggara yang telah memaksimalkan kemampuan GeForce RTX Studio PCs.

Upie Guava, Chief Creative Officer (CCO) DossGuavaXR Studio mengisahkan bahwa pihaknya dituntut untuk mendapatkan solusi yang mampu menjawab kendala yang seringkali terjadi dalam proses produksi dan kreativitas dengan cepat, efisien dan efektif.

Tantangan yang jamak dihadapi oleh pelaku industri seperti akses lokasi dan kendala cuaca atau lingkungan biasanya membuat proses produksi sering tertunda dan menghabiskan banyak waktu dan biaya.

“Kami memutuskan untuk segera mengadopsi teknologi yang mampu menjadi solusi atas tantangan-tantangan tersebut. Kami meninggalkan teknologi greenscreen dan beralih ke in-camera visual effects dan mengadaptasi teknologi extended reality dalam rangka mewujudkan imajinasi kami. Ini memampukan kami untuk mengendalikan berbagai situasi dan mempercepat proses syuting," ujar Upie.

Fitur GeForce RTX 40

Nvidia GeForce RTX 4080. (Nvidia)

 

GeForce RTX 40 Series GPUs diklaim menghadirkan peningkatan kecepatan yang signifikan untuk mendukung proses perenderan 3D, pengeditan video, live streaming, AI tools, serta beragam kegiatan kreatif lainnya. Berikut deretan fitur GeForce RTX 40:

  1. Arsitektur GPU tercanggih bagi pembuatan konten, menghadirkan performa hingga dua kali lipat lebih tinggi dari GPU generasi sebelumnya.
  2. Hardware terdedikasi generasi berikutnya yang mampu mengakselerasi dalam proses pembuatan konten:
    Hingga dua encoder generasi kedelapan dengan dukungan untuk AV1 mendukung eksport video hingga dua kali lebih cepat dan dengan kompresi 40 persen lebih efisien dari H.264.
    RT Cores dan DLSS 3 generasi ketiga mendukung kreator dalam proses render model ray-traced 3D secara realistik dan real time hingga empat kali lebih cepat dibandingkan dengan GPU generasi sebelumnya.
    Tensor Cores generasi keempat menghasilkan performa hingga dua kali lebih tinggi pada figur-fitur AI dibandingkan generasi GPU sebelumnya, sehingga proses edit bisa dilakukan lebih cepat dengan efek yang lebih canggih pula.
  3. DLSS 3 mampu meningkatkan performa 3D secara luar biasa dengan menggunakan AI untuk menghasilkan frame tambahan berkualitas tinggi, sehingga proses pada viewports bisa dilakukan dengan mulus dan kian interaktif pada peranti perenderan real-time yang didukungnya.

PC Rakitan dari COC Komputer dan Techindo yang mendukung GeForce RTX 40 series bisa dibeli melalui channel penjualan resmi di Tokopedia.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Orang Terkaya di Dunia 2023: Posisi Elon Musk Digusur Juragan Louis Vuitton