Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 10 Februari 2023 | 18:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm rupanya sedang menguji chipset Snapdragon 8cx Gen 4, alias SC8380, di dalam perangkat pengembangan dengan layar 10".

Dilansir dari GSM Arena, uji coba ini menunjukkan bahwa chipset akan ditujukan untuk tablet 10 " (atau lebih besar) dan mungkin beberapa tablet 2-in-1 dan bahkan Windows pada laptop ARM juga.

Microsoft bahkan mungkin mencoba lagi perangkat tipe Surface Neo dengan layar ganda. Gadget ini  tentu saja akan jadi lawan sepadan iPad Apple dengan chipset seri M dan MacBook Air.

Yang pasti karena chipset dan inti CPU Oryon-nya dirancang oleh Nuvia, sebuah perusahaan yang dibentuk oleh mantan karyawan Apple yang mengerjakan chipset seri M tersebut.

Snapdragon 8cx Gen 4 (nama kode Hamoa) akan memiliki 12 inti CPU, 8 inti kinerja (hingga 3.4GHz) dan 4 inti efisiensi (hingga 2.5GHz).

Ukuran Qualcomm Snapdragon 8cx. (Qualcomm)

Akan ada GPU Adreno 740 bawaan, yang cukup mumpuni, meskipun faktor bentuk yang lebih besar seperti laptop juga dapat dilengkapi dengan GPU eksternal (terhubung lebih dari 8x PCIe 4.0), selama mereka memiliki pendinginan untuk itu.

Perangkat yang lebih besar itu juga akan memiliki dukungan untuk drive NVMe (4x PCIe 4.0), meskipun perangkat yang lebih kecil dan lebih murah kemungkinan akan tetap menggunakan UFS 4.0. Opsi konektivitas termasuk USB 4 (berbasis Thunderbolt 4) dengan DisplayPort 1.4a.

Qualcomm dilaporkan telah menguji perangkat pengembangan berbasis Hamoa sejak November tahun lalu. Tidak sepenuhnya jelas kapan perangkat komersial pertama akan tersedia, mungkin akhir tahun ini atau bahkan awal 2024.

 

BACA SELANJUTNYA

Tawarkan Performa Handal, POCO X6 5G Ditenagai Snapdragon 7s Gen 2