Sabtu, 13 April 2024
Amelia Prisilia : Senin, 13 Februari 2023 | 11:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menjawab rasa penasaran pengguna Android, Google akhirnya mengungkap rincian update Android 14 sebelum perilisan resmi sistem operasi tersebut di pertengahan tahun 2023 mendatang.

Bocoran mengenai rincian update Android 14 ini diungkap oleh Google melalui laman Developer Android beberapa waktu yang lalu. Berdasarkan rincian timeline tersebut, masa developer preview untuk Android 14 akan dimulai pada Februari 2023.

Pada masa ini, developer akan mencoba build baseline awal yang terkait dengan fitur baru di Android 14, API hingga perubahan perilaku. Pada tahap ini, akan dilakukan pengujian kompatibilitas aplikasi. Proses ini berlaku hingga Maret 2023 mendatang.

Selanjutnya, pada bulan April dan Mei, Android 14 memasuki tahap beta release. Di tahap ini, Google merilis versi Beta yang bisa dicoba oleh pengguna-pengguna awal.

Proses selanjutnya adalah pengujian kompatibilitas di awal untuk Android 14. Pada bulan April dirilis Android 14 versi Beta 1, sedangkan di Mei dirilis Android 14 versi Beta 2.

Ilustrasi Android. (pixabay/mammela)

Berlanjut ke proses berikutnya adalah platform stability pada bulan Juni, Juli hingga final release di pertengahan tahun 2023 mendatang. Pada tahap ini, Google menguji stabilitas platform termasuk API serta penerbitan Play secara terbuka pada versi Beta 3.

Tahap terakhir adalah Android 14 versi Beta 4 yang kemungkinan rilis di Juli 2023 mendatang. Versi ini hampir menjadi final dan memasuki tahap pengujian akhir.

Jika berpatokan pada rincian update Android 14 yang diungkap Google ini, maka sistem operasi anyar tersebut akan rilis pada Agustus 2023 mendatang.

BACA SELANJUTNYA

Google Disinyalir akan Sajikan Layanan Cloud Gaming via Youtube