Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 Februari 2023 | 13:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat Google Maps akurat sehingga tidak membuat nyasar ke hutan. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Google Maps untuk kamu.

Pernah nyasar karena mengikuti jalan Google Maps, bahkan sampai ke lokasi-lokasi tak terduga?

Sebagai peta digital paling populer saat ini, ternyata Google Maps belum benar-benar 100 persen diandalkan akurasinya.

Ada beberapa kisah pengguna Google Maps yang nyasar, bahkan ada yang sampai nyasar ke hutan gegara menggunakat navigasi peta digital tersebut.

Meski begitu, ada lho tips dan cara membuat Google Maps akurat dan tidak sampai nyasar ke hutan.

Berikut ini dirangkum tim HiTekno.com dari Suara.com, lima tips dan tutorial Google Maps untuk membuatnya lebih akurat lagi.

1. Aktifkan GPS dalam posisi "High Accuracy"

Mengatur GPS dengan kondisi "High accuracy" diklaim mampu menentukan titik lokasi secara lebih akurat. Hanya saja kondisi ini dapat menguras baterai lebih cepat. Adapun cara mengaktifkan fitur ini pada android yakni sebagai berikut:

  • Buka menu "Settings", lalu klik "Location"
  • Kemudian, pilih "Google Location Accuracy"
  • Selanjutnta Geser toggle ke opsi "Improve Location Accuracy" sampai berubah warna hijau
  • Selain pada android, kamu juga bisa menggunakan fitur ini pada iOS. Adapun cara menggunakannya pada iOS yakni sebagai berikut:

Buka menu "Settings", lalu klik "Privacy" dan klim "Location Services"
Kemudian, pilih aplikasi "Google Maps" dan geser toggle ke opsi "Precise Location" sampai berubah warna hijau

2.  Nonaktifkan Fitur Battery Savings

Fitur Battery Savings ini dapat berfungsi agar penggunaan aplikasi pada ponsel dapat dibatasi guna menghemat daya battery. Itu artinya, jika fitur ini diaktifkan maka dapat membuat kinerja ponsel terbatas, termasuk GPS. 

Ini tentunya bisa memberikan dampak pada akurasi Google Maps. Oleh karena itu, sebabaiknya nonaktifkan fitur ini agar Google Maps bisa bekerja optimal.

3. Kalibrasi Sensor Kompas

Google Maps pada ponsel memiliki sensor magnetometer yang fungsinya untuk mengukur lokasi pengguna secara tepat. Pengguna secara berkala dapat melakukan kalibrasi. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka Google Maps di ponsel, lalu klim ikon lingkaran biru yang memperlihatkan posisi lokasi Anda sekarang
  • Klik "Calibrate" (Kalibrasikan)
  • Kemudian gerakkan ponsel sampai membentuk pola menyerupai angka delapan
  • Jika sudah selesai dilakukan, sensor Google Maps pun telah berhasil dikalibrasi

4. Membersihkan Cache

Salah satu cara baca Google maps agar tidak kesasar yang juga perlu diketahui yaitu dengan menghapus atau membersihkan data cache aplikasi Google Maps secara berkala.

Ini dilakukan untuk menghindari adanya gangguan kinerja aplikasi. Membersihkan data cache tidak akan menimbulkan error. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka menu "Settings, lalu "Apps"
  • Pilih apk Google Maps
  • Klik "Clear Data" dan "Clear Cache"

5. Nonaktifkan Lokasi Palsu 

Perangkat Android biasanya memiliki opsi Developer Options yang dapat berfungsi untuk menggunakan mode pengembang. Melalui metode ini, Anda dapat melakukan pengaturan misalnya membuat koordinat GPS palsu dan lain sebagainya.

Hanya saja, jika ini dalam kondisi aktif, maka apk Google Maps akan terganggu saat menunjukan data lokasi yang akurat. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna menonaktifkan fitur tersebut.

Selain cara di atas, cara lainnya agar kinerja Google Maps tidak terganggu yaitu dengan menggunakan wifi atau instal ulang Google Maps.

Kisah Viral Nyasar ke Hutan karena Google Maps

Seperti baru-baru ini viral di media sosial tentang sebuah mobil Honda HRV berwarna putih nyasar atau tersesat di hutan pegunungan Pati, tepatnya di Desa Wukirsari, Tambakromo, Kab Pati, Jawa Tengah. Padahal mobil itu menggunakan Google Maps.

Mobil yang dikendarai oleh Sigit Yudha Pradana ini dikabarkan tersesat pada hari Sabtu, 11 Februari 2023 waktu dini hari. Pengemudi mobil mengaku bahwa dia tersesat di hutan pegunungan Pati karena mengikuti Google Maps. 

Kejadian aneh ini dibenarkan oleh AKP Pujiati selaku Kasi Humas Polresta Pati setelah pihak kepolisian menerima laporan adanya sebuah mobil HRV putih tersesat di hutan pegunungan Pati.

Itulah beberapa tips dan cara membuat Google Maps akurat sebagai peta digitan dan navigasi. Selamat mencoba tutorial Google Maps di atas. (Suara.com/  Ulil Azmi)

BACA SELANJUTNYA

5 Tips Memilih Smart TV, Simak Dulu Pedoman Penting Berikut