Sabtu, 13 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 16 Februari 2023 | 11:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - MediaTek kembali meluncurkan chipset baru dari seri Dimensity 7000. Yakni MediaTek Dimensity 7200, yang menawarkan berbagai fitur terbaru terutama untuk HP gaming dan peningkatan performa fotografi.

Chipset MediaTek Dimensity 7200 ditawarkan dengan fitur AI-imaging, optimalisasi game, dan dukungan jaringan 5G. Semuanya didesain untuk tetap mendukung hemat daya sehingga masa pakai baterai bisa bertahan lama.

MediaTek Dimensity 7200 menghadirkan generasi kedua TSMC 4nm, sebelumnya telah diterapkan pada Dimensity 9200, dengan desain ultra tipis dalam berbagai bentuk.

CPU octa-core mengintegrasikan dua inti Arm Cortex-A715 yang memberikan kecepatan operasi hingga 2.8GHz, dengan enam inti Cortex-A510, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan banyak aktivitas dan memanfaatkan kinerja maksimal di setiap aplikasi.

Untuk lebih mengoptimalkan kekuatan dan performa, AI Processing Unit (APU) bawaan MediaTek memaksimalkan efisiensi tugas AI dan pemrosesan fusi AI.

"Seri MediaTek Dimensity 7000 akan sangat vital bagi gamer seluler dan penggemar fotografi, utamanya untuk memaksimalkan masa pakai baterai ponselnya tanpa mengurangi performa," ujar CH Chen, Deputi Manager MediaTek untuk Wireless Communications Business Unit.

Untuk HP gaming, teknologi MediaTek HyperEngine 5.0 menghadirkan Variable Rate Shading (VRS) berbasis AI guna penghematan daya, pengoptimalan sumber daya cerdas CPU dan GPU untuk daya pakai baterai yang lebih baik, dan peningkatan lain untuk gameplay yang mulus.

MediaTek Dimensity 7200. (MediaTek)

Cipset MediaTek ini juga mengintegrasikan GPU Arm Mali G610 yang kuat mendukung waktu respons cepat dan mempertahankan frekuensi gambar tinggi.

Memanfaatkan MediaTek Imagiq 765 dan HDR-ISP 14-bit, MediaTek Dimensity 7200 mendukung kamera utama 200MP untuk fotografi yang mengesankan.

Cipset MediaTek Dimensity 7200 ini juga memungkinkan pengambilan video dengan 4K HDR, bahkan memungkinkan pengguna secara simultan menangkap konten secara bersamaan dari dua kamera pada resolusi Full HD sambil tetap menjaga fokus dengan teknologi all-pixel autofocus.

Untuk memastikan pengguna dapat menangkap gambar keren di malam hari dan lingkungan gelap, cipset ini memiliki fitur bawaan pengurangan motion noise. Selain itu, APU juga mendukung peningkatan AI-Camera, misalnya, memperindah hasil potret secara real-time.

MediaTek Dimensity 7200 dilengkapi modem 3GPP Release-16 standar Sub-6GHz 5G dengan downlink hingga 4,7Gbps, dan mendukung konektivitas triband Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3 generasi berikutnya.

Modem 5G terintegrasi penuh dan rangkaian teknologi MediaTek 5G UltraSave 2.0 memastikan hemat daya  terbaik di kelas seluler. Untuk jangkauan jaringan, cipset ini mendukung 2CC Carrier Aggregation dan Dual 5G SIM dengan dual VoNR.

Kemampuan Dual SIM yang dibawa memungkinkan pengguna memiliki dua koneksi, sehingga mudah menerima panggilan pribadi dan kerja dalam satu smartphone.

MediaTek Dimensity 7200. (MediaTek)

Fitur tambahan dari MediaTek Dimensity 7200 meliputi:

  • Frekuensi memori hingga 6400Mbps dan UFS 3.1 untuk penyimpanan maksimum.
  • Layar MediaTek MiraVision dengan HDR mendukung standar terbaru, termasuk HDR10+, CUVA HDR, dan Dolby HDR.
  • Full HD+ dan 144Hz untuk tampilan yang menakjubkan.
  • Pemutaran video AI SDR-to-HDR memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik.
  • Teknologi Bluetooth LE Audio dan Dual-Link True Wireless Stereo Audio untuk dukungan earbud nirkabel.

MediaTek Dimensity 7200 akan mendukung peluncuran perangkat-perangkat 5G di pasar global sekitar kuartal pertama 2023.

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Dimensity 8200-Ultra Jadi Kunci Penting Xiaomi 13T Memiliki Pemrosesan Gambar Canggih