Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 18 Februari 2023 | 07:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara menggunakan clear all formatting di Microsoft Word cukup sederhana. Kamu bisa mengikuti tutorial Microsoft Word berikut ini untuk menggunakan clear all formatting.

Kamu bisa menggunakan shortcuts atau ribbon untuk menghapus pemformatan dalam dokumen Word. Karena ada dua jenis pemformatan teks (karakter dan paragraf), kamu dapat memilih untuk menghapus semua pemformatan atau hanya pemformatan karakter atau paragraf.

Jika kamu ingin menghapus pemformatan untuk teks yang menerapkan gaya tertentu, kamu harus memilih teks yang menggunakan gaya terlebih dahulu, lalu menghapus pemformatan.

Di Word, saat kamu menerapkan pemformatan ke teks yang dipilih menggunakan perintah dalam grup Font atau Paragraf pada tab Beranda di ribbon, kamu menerapkan pemformatan langsung atau manual selain gaya yang diterapkan ke teks (gaya Normal secara default).

Catatan: Tombol dan tab ribbon mungkin ditampilkan dengan cara yang berbeda (dengan atau tanpa teks) bergantung pada versi Word, ukuran layar, dan pengaturan Panel Kontrol. Untuk versi Word yang lebih baru, tab ribbon mungkin muncul dengan nama yang berbeda.

Berikut cara menggunakan clear all formatting di Microsoft Word yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Hapus Pemformatan Menggunakan Keyboard Shortcuts

  • Tekan Ctrl + Spasi untuk menghapus pemformatan karakter saja (seperti huruf tebal, font, dan ukuran font) dari teks yang dipilih.
  • Tekan Ctrl + Q untuk menghapus pemformatan paragraf saja (seperti indentasi dan spasi baris) dari teks yang dipilih.
  • Tekan Ctrl + Shift + N untuk menerapkan kembali gaya Normal ke teks yang dipilih.
  • Jika kamu ingin memilih seluruh dokumen terlebih dahulu, tekan Ctrl + A untuk memilih semua lalu kamu dapat menggunakan pintasan ini.

Hapus Pemformatan Menggunakan Ribbon

  • Pilih teks dengan pemformatan yang ingin kamu hapus.
  • Klik tab Beranda di Ribbon.
  • Di grup Font, klik Hapus Semua Pemformatan. Ini akan menghapus pemformatan karakter dan paragraf dan mengembalikan teks ke gaya Normal.

Hapus Semua Pemformatan Dalam Dokumen Word

  • Klik di paragraf dalam dokumen dan tekan Ctrl + A untuk memilih semua. Ini akan memilih teks dalam dokumen tetapi bukan teks dalam header, footer, kotak teks, bentuk, atau SmartArt.
  • Klik tab Beranda di Pita.
  • Di grup Font, klik Hapus Semua Pemformatan.

 Itulah cara menggunakan clear all formatting di Microsoft Word yang bisa kamu coba lakukan untuk mempermudah pekerjaan kamu. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Word: Tutorial Cara Membuat Tanda Tangan di Dokumen