Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 20 Februari 2023 | 16:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Usai tuai kritik terkait urusan privasi, Google akhirnya merilis fitur berguna dengan mengumumkan akan hadirnya Sandbox Privasi di ponsel Android dalam versi beta.

Setelah meluncurkan pratinjau pengembang Privacy Sandbox di Android tahun lalu, Google sekarang mengambil umpan balik yang diterimanya dengan fase pengujian yang lebih publik. Ini harus memberi Google data dunia nyata tentang efektivitas inisiatifnya.

Dilansir dari Android Central, Sandbox Privasi adalah inisiatif yang dimulai Google sebagai cara untuk membersihkan web cookie, teknologi yang digunakan situs web untuk menyimpan informasi tentang preferensi Anda untuk memberi Anda iklan yang dipersonalisasi berdasarkan data tentang Anda dan kebiasaan Anda.

Ini berfungsi serupa di Android, kecuali pengembang aplikasi dan situs web dapat mengakses data ini berkat ID Iklan Android.

Ilustrasi Google Search. (Google)

Dengan Privacy Sandbox, Google mencoba menemukan cara untuk mengganti metode ini sehingga pengguna mempertahankan privasi mereka sambil tetap mengizinkan pengiklan untuk memberi makan iklan yang dipersonalisasi.

"Privacy Sandbox Beta menyediakan API baru yang dirancang dengan privasi pada intinya, dan tidak menggunakan ID yang dapat melacak aktivitas Anda di seluruh aplikasi dan situs web," kata Anthony Chavez, VP Privacy Sandbox di Google.

"Aplikasi yang memilih untuk berpartisipasi dalam Versi Beta dapat menggunakan API ini untuk menampilkan iklan yang relevan dan mengukur efektivitasnya."

Di ponsel Android, pengguna akan memiliki akses ke pengaturan Privacy Sandbox, di mana mereka dapat mengelola partisipasi mereka dalam versi beta (opsional) dan mengedit minat mereka sehingga aplikasi dapat menayangkan iklan yang lebih baik.

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT