Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 21 Februari 2023 | 10:14 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Indonesia International Motor Show atau IIMS 2023. Dalam gelaran tersebut, presiden sempat melihat-lihat hingga jajal menaiki sepeda motor listrik.

Salah satunya adalah Honda EM1 e, motor listrik yang dipamerkan di IIMS 2023. Nampak presiden Jokowi sempat naik motor listrik berwarna putih tersebut.

Sepeda motor listrik ini telah resmi dipamerkan oleh Astra Honda Motor. Perusahaan yang juga mengumumkan akan menyiapkan 10 motor listrik untuk mereka luncurkan beberapa waktu ke depan.

Honda EM1 e di IIMS 2023 itu menjadi konsep yang menggambarkan seperti apa motor listrik mereka nantinya. 

Seperti apa spesifikasi Honda EM1 e yang dipamerkan dalam IIMS 2023 ini? Sepeda motor listrik yang menarik perhatian dari brand asal Jepang.

Sebelumnya motor listrik Honda EM1 e dikenalkan di EICMA 2022 di Milan, yang kemungkinan akan menjadi penawaran skuter listrik pertama di beberapa pasar EV yang sedang berkembang, termasuk Eropa.

Astra Honda Motor akan menghadirkan Honda EM1 e ini ke Indonesia atau tidak. Namun menjadi nampak Honda telah siap dengan platform motor listrik mereka.

Honda EM1 e. (Honda)

Honda EM1 e, yang diterjemahkan menjadi Electric Moped, ditujukan untuk audiens yang lebih muda. E-scooter atau skuter listrik ini memiliki paket baterai yang dapat dilepas sebagai salah satu fitur andalannya.

Fitur paket baterai Honda yang dapat dilepas, disebut sebagai Honda Mobile Power Pack, dapat menawarkan kepraktisan tambahan dalam hal jangkauan.

Honda EM1 e menjangkau jarak lebih dari 40 km dengan sekali pengisian daya. Video teaser menunjukkan sekitar 59 km dari perkiraan jangkauan saat skuter terisi daya 92 persen.

Meskipun tidak banyak lagi informasi tentang skuter listrik Honda EM1 e, beberapa spesifikasi mekanis telah muncul.

Honda EM1 e. (Honda)

Honda EM1 e mendapatkan roda belakang berukuran 10 inci dengan motor yang dipasang di hub. Di depan roda 12 inci yang lebih besar dengan rem cakram dan pengaturan garpu teleskopik.

Skuter listri dari Honda ini mendapat pencahayaan LED dan LCD MID di dasbor.

Skuter ini diharapkan mulai dijual di Eropa pada musim panas 2023, dan saat itulah harga Honda EM1 e akan diumumkan.

Berikut detail spesifikasi Honda EM1 e yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Spesifikasi Honda EM1

Model: EM1 e 2023
Kelas: Skuter Listrik
Status: Tersedia
Tanggal Rilis: 2022
Kapasitas Baterai: 1,3 kWh
Tipe Motor: Hub-mounted Motor
Jangkauan: 40 km
Tenaga Maks: 67,5 kW @ 9.500 rpm
Torsi Maks: 75 Nm @ 7.250 rpm
Transmisi: CVT
Kecepatan Tertinggi: 33 mph
Warna: Putih dan Hitam
Cakram Rem Depan
Cakram Rem Belakang
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Teleskopik
Roda Depan: Ukuran 12-Inch
Roda Belakang: Ukuran 10 Inci

Honda EM1 e. (Honda)

Selain itu, Honda mengungkapkan mobil listrik lain yang akan datang, e:N2 untuk China, di Pameran Impor Internasional di Shanghai pada November 2022 lalu.

Namun kendaraan ini akan tersedia di 2023, dan Honda berencana meluncurkan 10 kendaraan listrik dalam lima tahun ke depan, serta 30 model EV pada tahun 2030.

Belum ada informasi motor listrik Honda ini akan dipasarkan ke Indonesia meski sudah dipamerkan di IIMS 2023. Melihat Spesifikasi Honda EM1 e di atas, berminat dengan skuter listrik tersebut?

BACA SELANJUTNYA

Q1 2023: Penjualan Mobil dan Motor Listrik di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat