Kamis, 25 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 21 Februari 2023 | 17:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menyusul sejumlah vendor HP yang sudah membuat chipset sendiri, kini Oppo disebut-sebut akan melakukan hal serupa. Perusahaan asal China ini dipercaya akan membuat chipset 5G sendiri yang akan rilis pada tahun 2024 mendatang.

Perilisan chipset Oppo ini menjadi langkah besar perusahaan tersebut untuk melakukan kontrol pada proses dan modul komputasi perangkat Oppo di masa depan nantinya.

Dilansir dari GSM Arena, rencana Oppo untuk membuat chipset 5G dari perusahaannya ini menyusul produksi NPU MariSilicon X serta konektivitas MariSilicon Y yang sebelumnya dikenalkan oleh perusahaan tersebut.

Bocoran terkait rencana Oppo untuk membuat chipset 5G sendiri ini diungkap oleh seorang eksekutif MediaTek dalam forum investasi asing di Hsinchu, Taiwan beberapa waktu yang lalu.

Dirnya menyebut bahwa Oppo ingin memiliki chipset sendiri guna mempertahankan daya saingnya di industri HP dunia. Menurut bocoran yang beredar, chipset garapan Oppo ini akan masuk ke pasar teknologi pada tahun 2024 mendatang.

Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno8 T 4G. (Oppo Indonesia)

Kini proses desain dari sirkuit terpadu pada chipset baru Oppo sudah selesai dibuat. Produk tersebut nantinya akan dikirimkan ke manufaktur untuk pengerjaan lebih lanjut nantinya.

Rencana Oppo untuk membuat chipset 5G sendiri ini selaras dengan laporan sebelumnya yang menyebut bahwa perusahaan perangkat asal China ini sedang melakukan investasi lebih senilai 1,4 miliar dolar AS untuk pusat desain IC di China termasuk Beijing, Shenzhen dan Shanghai.

Sayangnya, hingga artikel ini dibuat, Oppo masih belum memberikan konfirmasinya terkait rencana membuat chipset 5G sendiri yang akan rilis di tahun 2024 mendatang ini.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Fitur Andalan MediaTek Dimensity 8300, Chipset Smartphone dengan Rasa Premium