Senin, 27 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 23 Februari 2023 | 16:40 WIB

Hitekno.com - HarmonyOS menggemparkan dunia teknologi, karena telah terbukti kompatibel dengan berbagai perangkat, mulai dari smartphone dan tablet hingga jam tangan pintar dan bahkan mobil pintar. Tapi yang benar-benar menarik perhatian adalah pengungkapan baru-baru ini bahwa pengembang Cina telah berhasil menginstal sistem operasi HarmonyOS open-source ke platform PC, khususnya notebook HP yang menjalankan versi HarmonyOS 3.2 Beta 3.

Dilansir dari Gizmochina, PC terbukti berfungsi dengan lancar, merespons secara akurat semua input mouse tanpa jeda. Namun, penting untuk dicatat bahwa meskipun instalasi ini menunjukkan bahwa HarmonyOS dapat disesuaikan dengan lingkungan PC, itu belum dalam tahap lanjutan di mana ia dapat menangani tugas-tugas kinerja-berat. Perangkat lunak ini akan membutuhkan pengoptimalan ekstensif dan kemampuan pelaksanaan tugas untuk maju lebih jauh.

Saat ini, pengembang telah berhasil mengadaptasi driver untuk USB, port jaringan, port SATA, PCIE, dan antarmuka perangkat keras lainnya dari notebook HP yang digunakan dalam demo. Namun, pekerjaan mengadaptasi driver untuk keyboard dan touchpad bawaan notebook masih berlangsung. Pengembang juga telah mengisyaratkan bahwa mereka telah bekerja untuk mengadaptasi HarmonyOS untuk CPU arsitektur X86, yang menunjukkan bahwa adaptasi ini didasarkan pada kernel Linux.

Ilustrasi HarmonyOS. (Gizmochina)

Rencana ke depan adalah memprioritaskan adaptasi perangkat lunak sebelum menangani sisi perangkat keras. Ini berarti bahwa driver yang diperlukan akan diadaptasi terlebih dahulu, diikuti oleh aplikasi desktop. Namun, pengembang telah mengakui bahwa mengoptimalkan driver suara, driver kartu grafis, dan tampilan eksternal masih membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Secara khusus, akselerasi grafis GPU saat ini merupakan titik lemah untuk OpenHarmony, tetapi tim proyek OpenHarmony telah membentuk SIG (Kelompok Minat Khusus) terkait untuk mengatasi masalah ini di versi mendatang.

Meskipun Huawei belum membuat pengumuman spesifik mengenai mengadaptasi HarmonyOS untuk notebook-nya, perkembangan terbaru ini dapat membuka pintu bagi kolaborasi dengan produsen PC dan pengembang perangkat lunak untuk membawa HarmonyOS ke industri untuk perangkat konsumen dan bisnis. Sangat menarik untuk melihat bagaimana HarmonyOS akan terus berkembang dan memperluas jangkauannya.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Capai Pertumbuhan Laba Bersih 126,3 Persen di 2023, Tembus 19,3 miliar RMB