Selasa, 23 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 23 Februari 2023 | 18:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah laporan baru dari Nikkei mengklaim bahwa regulator China telah menginstruksikan perusahaan teknologi besar lokal untuk berhenti menawarkan produk dan layanan yang didukung oleh teknologi ChatGPT OpenAI. Permintaan itu muncul ketika para pejabat semakin khawatir atas sifat AI yang tidak disensor saat membalas pertanyaan pengguna.

Dilansir dari Windows Central, Tencent Holdings dan Ant Group telah diberitahu untuk tidak menawarkan produk apa pun yang didukung oleh teknologi AI baru, secara langsung atau melalui pihak ketiga. Setiap perusahaan teknologi yang ingin menawarkan alternatif ChatGPT mereka sendiri harus melapor kepada regulator terlebih dahulu.

ChatGPT sudah tidak tersedia secara resmi di China, meskipun pengguna di wilayah tersebut telah dapat mengaksesnya menggunakan VPN dan metode pengalihan lainnya. Aplikasi WeChat Tencent juga telah melihat beberapa kucing tiruan pihak ketiga yang diterbitkan oleh pengembang, tetapi Tencent sejak itu menindak ini.

Regulator menjadi khawatir bahwa ChatGPT "dapat memberikan uluran tangan kepada pemerintah AS dalam penyebaran disinformasi dan manipulasi narasi globalnya untuk kepentingan geopolitiknya sendiri." Tentu saja, China memiliki sejarah menekan layanan internet barat karena masalahnya sendiri dengan penyensoran.

Microsoft baru-baru ini meluncurkan versi ChatGPT sendiri yang sekarang terintegrasi dengan Bing. Ini dikenal sebagai Bing Chat, dan didukung oleh teknologi "Prometheus" Microsoft sendiri. Tidak mengherankan, layanan ini tidak tersedia di China.

BACA SELANJUTNYA

Laporan Unit 42 Palo Alto Networks: 66 Persen Malware Disebarkan Melalui PDF