Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Maret 2023 | 20:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Aplikasi atau program alternatif Google Docs saat ini sudah banyak tersedia. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum rekomendasi aplikasi untuk menggantikan Google Docs.

Bahkan kamu juga bisa mendapatkannya secara gratis. Word adalah alat penting untuk semua orang di abad ke-21. Word membantu pekerjaan seperti menulis makalah untuk sekolah, membuat resume untuk mencari pekerjaan, atau menyusun artikel untuk blog, dan masih banyak lagi.

Google Documents adalah salah satu pengolah kata paling terkenal dan gratis dengan Akun Google. Ini berfungsi dengan baik di komputer, seperti salah satu Chromebook dan smartphone. Jika kamu memiliki kendala atau bosan dengan Google Docs, kamu bisa menggunakan beberapa program alternatifnya.

Berikut rekomendasi aplikasi atau program alternatif Google Docs yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Microsoft Word

Microsoft Word versi Android. (Google Play Store)

Standar industri dan pengolah kata yang paling terkenal adalah Microsoft Word. Word adalah aplikasi yang lebih kuat daripada Google Docs dan memiliki serangkaian fitur yang kuat, seperti kebanyakan aplikasi Microsoft Office.

Kamu tidak memerlukan add-on apa pun untuk mendapatkan pengalaman terbaik, fitur tersebut sudah disertakan. Ini juga mudah digunakan. Antarmukanya yang ramah pengguna membantu kamu menemukan alat yang diperlukan dengan cepat dan mudah.

Meskipun fitur kolaboratifnya tidak seefisien Google Docs, fitur ini tetap menawarkan kolaborasi real time dengan pengguna lain. Ini juga merupakan opsi terbaik untuk mengedit dokumen di Windows dan smartphone.

2. Dropbox Paper

Dropbox Paper. (Dropbox)

Dropbox Paper adalah opsi yang bagus jika kamu tidak memerlukan banyak fitur canggih dan hanya perlu mengedit beberapa teks. Dropbox Paper hanya menyertakan opsi font tunggal dan tidak menyertakan pemeriksa ejaan asli.

Namun, antarmukanya yang halus menjadikannya lebih baik daripada Google Docs untuk membuat catatan cepat atau kerja kolaboratif sederhana.

3. Polaris Office

Polaris Office. (Polaris Office).

Polaris Office adalah pilihan yang sangat baik jika kamu menginginkan fitur canggih seperti Microsoft Word tetapi tidak ingin dengan produk Office. Polaris Office bisa berjalan di komputer dan smartphone dengan fungsionalitas penuh dan penuh fitur.

Ini berarti kamu tidak akan mengorbankan fitur apa pun saat beralih antar perangkat. Namun, aplikasi seluler memiliki UI yang relatif berantakan. Polaris Office hadir dengan opsi penyimpanan sendiri, dan kamu dapat menautkan ke Google Drive, One Drive, Dropbox, dan lainnya.

4. LibreOffice

LibreOffice. (LibreOffice)

LibreOffice adalah office suite sumber terbuka yang dikemas dengan banyak distribusi Linux. Versi Windows dan Mac juga tersedia. Editor teks LibreOffice, memiliki alat pengeditan canggih yang bersaing dengan baik dengan Microsoft Word.

5. Etherpad

Etherpad. (Etherpad)

Etherpad adalah pengolah kata dengan fokus tunggal: kolaborasi real time. Banyak pengguna dapat mengedit file secara bersamaan dan melihat setiap perubahan yang terjadi. Itu tidak memiliki banyak fitur istimewa, tetapi fitur yang dimilikinya bisa meningkatkan kolaborasi dokumen.

Pengguna dapat berbicara satu sama lain menggunakan obrolan langsung saat mengedit. Aplikasi ini dapat menyorot setiap kontribusi pengguna dalam warna berbeda untuk memudahkan melihat apa yang telah dilakukan setiap orang.

Itulah lima rekmendasi aplikasi atau program alternatif Google Docs yang bisa kamu coba gunakan. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif