Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 07 Maret 2023 | 08:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara selamatkan dokumen yang belum disimpan di Microsoft Word sangat penting diketahui. Gunakan tutorial Microsoft Word yang dirangkum tim HiTekno.com bagaimana menyelamatkan dokumen yang belum tersimpan ini.

Tak bisa dipungkiri kita pasti pernah mengalami masalah laptop crash atau mati dan membuat file Word tidak tersimpan. Jika mengalami dokumen Microsoft Word yang belum tersimpan, jangan panik.

Ada beberapa cara untuk "menyelamatkan" dokumen tersebut. Microsoft Word memiliki fitur untuk mengembalikan file yang belum sempat tersimpan tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan laptop atau komputer kembali menyala dengan normal.

Jika masih ada kendala, kamu bisa coba untuk restart. Berikut cara selamatkan dokumen yang belum disimpan di Microsoft Word seperti tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Selamatkan Dokumen yang Belum Disimpan di Microsoft Word 2010

  • Jika kamu menutup file Microsoft Office 2010 Word tanpa disadari, buka kembali program Microsoft Office dengan cepat dan buat dokumen baru. Buka File > Info > Kelola Versi.
  • Di Word 2010, klik pada dropdown kecil dan pilih Recover Unsaved Documents.
  • Microsoft Word membuka lokasi tempat salinan draf berada.
  • Sekarang, pilih draf dan buka di dokumen Microsoft Word baru.
  • Setelah data kamu pulih, pilih Save As, masukkan nama dokumen, dan simpan.
  • Microsoft Office menyimpan salinan draf yang belum disimpan selama empat hari. Setelah itu, draf dihapus secara otomatis.

Saat membuka dokumen yang belum disimpan yang dipulihkan, kamu juga dapat menggunakan fitur Open and Repair. Open and Repair memecahkan masalah dokumen yang rusak atau rusak dalam proses.

Buka Draft Tersimpan Secara Manual di Microsoft Office 2010

Jika draf pemulihan tidak muncul secara otomatis, kamu dapat menelusuri lokasi berikut dan mencari secara manual. Lokasi tergantung pada versi Windows yang kamu gunakan.

  • Windows 7 dan seterusnya: C:\Users\<username>\AppData\ Roaming\Microsoft\< Application_Name>
  • Windows XP: C:\Documents and Settings\<username>\ Application Data\Microsoft\<App Name>

Microsoft Office secara otomatis menyimpan draf. Opsi AutoRecover dimulai setelah 10 menit. Kamu dapat dengan mudah mengubah interval AutoRecover ke frekuensi yang lebih tinggi agar lebih tenang.

  • Buka File> Opsi> Simpan. Periksa periode AutoRecover yang ada dan kurangi sesuai yang kamu inginkan.

Ingatlah bahwa AutoRecover kadang-kadang adalah penyelamat, tetapi ini bukan pengganti kebiasaan menyimpan file yang baik. Itu berarti sering menabung dan menyimpan ke lebih dari satu lokasi jika memungkinkan.

Itulah cara selamatkan dokumen yang belum disimpan di Microsoft Word yang bisa kamu coba lakukan dalam keadaan darurat. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Word: Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis dengan Mudah