Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 10 Maret 2023 | 20:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sementara Snapdragon 8 Gen 2 adalah chipset terbaru dan terhebat dari Qualcomm, rumor baru sudah muncul mengenai Snapdragon 8 Gen 3. Sebuah laporan baru telah mengungkapkan pengaturan CPU dari chipset andalan yang akan datang ini. Jadi inilah semua detailnya.

Dilansir dari Gizmochina, raksasa pembuat chip itu akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 3 dengan tata letak CPU yang sama dengan SoC Snapdragon 8 Gen 2, yaitu pengaturan 1+4+3.

Namun, sebuah laporan baru mengklaim bahwa perusahaan meningkatkan jumlah inti kinerja dan mengorbankan inti efisiensi dengan konfigurasi 1 + 5 + 2 baru.

Berdasarkan laporan terbaru, Snapdragon 8 Gen 3 diharapkan menampilkan satu inti Cortex X4 yang akan memiliki kecepatan clock 3.2GHz.

HP Snapdragon. (Gizmochina)

Namun, laporan lama mengklaim bahwa itu bahkan bisa mencapai setinggi 3.75GHz. Di sisi lain, lima inti Cortex A720 akan clock pada 3.0GHz dan dua inti Cortex A520 memiliki frekuensi 2.0GHz.

Selain pengaturan CPU dan clock speed, bocoran tersebut juga menambahkan bahwa SoC Snapdragon 8 Gen 3 juga akan hadir dengan dukungan penyimpanan internal UFS 4.1, memori LPDDR5 dengan 7.500 MT/s, GPU Adreno 750, dan modem Qualcomm X75 5G.

Sesuai bocoran terbaru, SoC Snapdragon 8 Gen 3 akan diproduksi pada node proses N4P TSMC. Ini berarti bahwa tiga generasi chip andalan Qualcomm masih menggunakan versi yang sedikit di-tweak dari node TSMC N5 yang sama.

Meskipun, perusahaan mungkin dapat sepenuhnya memindahkan SoC Snapdragon 8 Gen 3 ke proses 3nm dari Samsung atau TSMC, atau terus menggunakan proses N4P.

BACA SELANJUTNYA

Onic Raih Gelar Juara Mobile Legends Snapdragon Pro Series