Jum'at, 09 Juni 2023
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Maret 2023 | 16:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi mulai masuk ke top tiga besar brand smartphone terbesar untuk saat ini. Namun kenapa Xiaomi tidak jualan HP di Amerika Serikat saat ini?

Sampai saat ini Xiaomi laris manis di dua pasar HP besar, yakni China dan India. Selain itu, brand asal China ini menjual produk HP di lebih dari 50 negara.

Bukan tidak jualan sama sekali, Xiaomi hadir hadir ke pasar Amerika Serikat sejak 2016 memasarkan Lampu LED, proyektor, power banks. Namun tidak dengan HP.

Kenapa Xiaomi tidak jualan HP di Amerika Serikat sebagai salah satu pasar yang sangat bergengsi untuk produk teknologi?

Dikutip dari AndroidCentral, Xiaomi menyampaikan kenapa tidak jualan HP di sana karena ada alasan model bisnis perusahaan.

Disampaikan kalau sampai sejauh ini, Xiaomi hanya mengambil untuk 5 persen dari harga jual barang produksinya.

Selain itu, Xiaomi menyampaikan kalau mereka ingin produk yang mereka jual memberikan nilai besar bagi konsumennya.

Dengan model bisnis tersebut, Xiaomi mampu menawarkan produk HP yang lebih murah dibandingkan Samsung dan Huawei untuk berbagai pasar.

Namun sayangnya cara ini tidak bisa diterapkan Xiaomi di pasar Amerika Serikat. Bisnis smartphone di negara Paman Sam itu bergantung pada kemitraan operator telekomunikasi.

Para konsumen di AS membeli HP dengan kontrak panjang dengan operator telekomunikasi. BUkan dengan membeli HP sendiri.

Xiaomi tidak menyukai model penjualan produk HP cara tersebut. Menurut perusahaan ini, model bisnis kemitraan dengan operator membutuhkan investasi sangat besar.

Dengan model bisnis tersebut, Xiaomi kesulitan untuk hanya mengambil profit 5 persen saja dari harga HP yang mereka jual.

Ditambahkan Direktur Riset IDC Nabila Popal, hubungan panas antara Amerika Serikat dan China yang membuat Xiaomi tak mau ambil resiko.

Setelah apa yang terjadi pada Huawei, banyak brand asal China yang tidak mau ambil resiko untuk memaksakan diri menjual HP di China.

Itulah penjelasan kenapa Xiaomi tidak jualan HP di Amerika Serikat. Model bisnis yang menyulitkan Xiaomi untuk mengambil untuk hanya 5 persen harga HP mereka.

BACA SELANJUTNYA

Harga HP Xiaomi Terbaru 2023 Bulan Juni Lengkap 22 Tipe: Redmi Note 12 Pro 5G Bikin Ngiler