Minggu, 16 Juni 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 Maret 2023 | 08:40 WIB

Hitekno.com - Niat mau beli mobil listrik? Namun sudah siapkah listrik rumah kamu? Ketahui berapa kapasitas listrik rumah untuk ngecas mobil listrik dengan aman?

Berapa kapasitas listrik rumah untuk ngecas mobil listrik? Ternyata, kapasitas yang dibutuhkan cukup besar lho.

Seperti diketahui, mobil listrik bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang sedang ingin beli kendaraan baru. Apalagi pemerintah akan memberikan subsidi.

Meski demikian, banyak orang yang masih berpikir dua kali saat hendak membeli mobil listrik karena layanan pengisian ulang yang masih sangat terbatas.

Keterbatasan bukan hanya ditemukan di kota kecil, tapi beberapa kota besar juga belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pengisian ulang mobil listrik.

Meskipun belakangan ini berbagai perusahaan termasuk pabrikan mobil tengah gencar membangun tempat mobil listrik bisa ngecas, tapi tetap saja, beberapa orang masih berpikir dua kali untuk membeli mobil listrik.

Sebenarnya, mobil listrik bisa dicas di rumah. Akan tetapi kamu memerlukan daya yang cukup besar untuk bisa ngecas mobil listrik di rumah.

Berapa minimal kapasitas listrik untuk ngecas mobil listrik?

Tesla Model S. (Tesla)

Berdasarkan jawaban dari beberapa produsen otomotif, setidaknya dibutuhkan daya listrik rumah minimal 2.200 VA untuk bisa ngecas mobil listrik di rumah.

Meski demikian, jika daya listrik di rumah kamu hanya 2.200 VA, maka kamu tidak bisa menyalakan perangkat elektronik yang lain saat sedang ngecas mobil listrik.

Jika kamu ingin semua perangkat listrik aman, maka pemilik rumah disarankan untuk menaikkan daya di atas 2.200 VA jika tidak ingin mati listrik.

Namun jika mengininkan fast charging untuk mobil listrik, 3.500 VA pun akan kurang. Karena membutuhkan daya yang sangat besar untuk bisa melakukannya.

Karena itu disarankan untuk membuat saluran listrik baru dengan meteran terpisah. PLN pun sudah memiliki program khusus pemasangan saluran baru khusus untuk charger mobil listrik.

Tentu ini memberatkan bagi sebagian orang. Sebab berdasarkan riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB), kebanyakan rumah di Indonesia merupakan pelanggan listrik berdaya 450 dan 900 VA.

Kalau dihitung, mungkin hanya ada 8 jutaan dari total konsumen PLN yang berdaya 1.300 VA dan 2 jutaan lainnya adalah rumah berdaya 2.200 VA. 

Sementara sisanya yakni 900 ribuan barulah pelanggan listrik dengan daya 3.500 hingga 5.500 VA atau lebih.

Mengacu pada alasan ini, membeli mobil listrik tentu hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang saja.

Kecuali jika memang sarana dan prasarana pengisian ulang mobil listrik sudah dipenuhi pemerintah, maka beberapa masyarakat kelas menengah baru akan mempertimbangkannya.

Itulah jawaban atas pertanyaan berapa kapasitas listrik rumah untuk ngecas mobil listrik. Bagaimana, apakah kamu berminat?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Q1 2023: Penjualan Mobil dan Motor Listrik di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat