Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 Maret 2023 | 16:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara impor hasil Google Form di Microsoft Excel dengan mudah? Ikuti tutorial Microsoft Excel berikut ini yang dirangkum tim HiTkeno.com untuk kamu.

Berkat Google Form, kita dipermudah untuk membuat pendataan maupun membuat survei. Kemudian dengan mudah untuk diulah dan diolah berikutnya.

Namun untuk bisa membuka hasilnya melalui Microsoft Excel, ada metode khusus untuk dilakukan. Yakni bagaimana cara impor hasil Google Form di Microsoft Excel dengan mudah.

Cara Impor Hasil Google Form di Microsoft Excel

Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menerapkan cara impor hasil Google Form di Excel agar lebih mudah saat ingin melihat hasil Google Form yang sudah diisi:

  1. Masuk ke situs Google Form menggunakan akun kamu
  2. Kemudian pilih dokumen Google Form mana yang ingin kamu lihat hasilnya
  3. Pada halaman dokumen Google Form yang kamu pilih, klik pada opsi Tanggapan yang berada di bagian atas
  4. Lalu di halaman Tanggapan, ada 2 opsi yang bisa kamu pilih yaitu Ringkasan atau Individual. Apabila kamu memilih opsi Ringkasan, maka kamu bisa melihat rangkuman hasil formulir yang diisi atau semua data yang masuk. Namun jika kamu memilih opsi Individual, maka kamu bisa melihat satu per satu formulir yang diisi
  5. Untuk memudahkan kamu membaca hasil data yang dikumpulkan Google Form, maka kamu bisa menggunakan fitur Spreadsheet. Melalui fitur Spreadsheet kamu bisa melihat hasil Google Form dalam format tabel Sheet, dengan cara klik ikon Spreadsheet yang ada di bagian kanan atas formulir
  6. Maka akan muncul pop-up dialog, kamu tinggal memilih opsi menu Buat spreadsheet baru
  7. Selanjutnya klik opsi Buat untuk langsung masuk ke file Spreadsheet kita
  8. Setelah itu spreadsheet yang berisi data hasil Google Form akan terbuka, namun untuk melihat hasil tersebut kamu harus terhubung dengan jaringan internet. Nah agar kamu bisa dengan mudah membaca data hasil Google Form maka kamu perlu mengimpor hasil Google Form tersebut ke dalam bentuk Excel, dengan cara klik opsi menu File pada spreadsheet yang terbuka tadi
  9. Kemudian pilih menu Download
  10. Lalu pilih Microsoft Excel (.xlsx) dan Selesai!

Setelah dalam formal Microsoft Excel (.xlsx), data hasil Google Form bisa dibaca dan diolah menggunakan Excel.

Itulah bagaimana cara impor hasil Google Form di Microsoft Excel dengan mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas.

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Excel: Cara Mengubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar