Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 16 Maret 2023 | 19:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Kesehatan resmi mengganti aplikasi PeduliLindungi dengan aplikasi SatuSehat pada 1 Maret 2023. Apa perbedaan PeduliLindungi dengan Aplikasi Satu Sehat beserta fitur dan fungsinya.

Dalam keterangan Kemenkes pada Selasa 28 Februari 2023, Setiaji selaku Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes menyatakan bahwa PeduliLindungi mengalami perubahan besar.

Masyarakat dapat menggunakannya sebagai aplikasi SatuSehat atau SatuSehat Mobile dikutip HiTekno.com dari laman resmi Kemenkes, Kamis 16 Maret 2023.

Bagi masyarakat yang sudah pernah mendownload PeduliLindung, cukup lakukan update aplikasi PeduliLindungi yang dimiliki melalui Google Play Store atau App Store baik secara otomatis maupun manual.

Setelah menerima syarat dan ketentuan Satu Sehat Mobile, pengguna hanya perlu login menggunakan nomor HP atau alamat email yang telah terdaftar. Lantas apa perbedaannya?

Berikut perbedaan aplikasi PeduliLingdungi dan aplikasi Satu Sehat yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Aplikasi SATUSEHAT. (Play Store)

Perbedaan PeduliLindungi dengan Aplikasi Satu Sehat

Perbedaan utama antara aplikasi PeduliLindungi dan aplikasi SatuSehat terletak pada fitur rekam medis yang ada di aplikasi tersebut. Aplikasi Satu Sehat akan memudahkan masyarakat dan tidak perlu lagi membawa berkas rekam medis fisik saat harus berpindah rumah sakit.

Semua resume rekam medis pasien akan terekam secara digital di aplikasi tersebut. Aksesnya juga mudah karena dapat dibuka melalui smartphone tanpa terbatas waktu dan tempat.

Sehingga ketika pasien melakukan rujukan ke RS tidak perlu repot mengirim dokumen medis yang berisi hasil lab atau diagnosa atau mengulang pemeriksaan lab.

Hal itu karena semua data sudah akan langsung terintegrasi. Aplikasi Satu Sehat juga membantu tenaga kesehatan agar tidak perlu memasukkan data berulang pada aplikasi yang berbeda. Cukup mengisi di satu aplikasi yang otomatis terhubung dengan aplikasi kesehatan lainnya.

Selain terintegrasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium dan apotek, Kemenkes juga berencana melakukan integrasi aplikasi Satu Sehat dengan BPJS Kesehatan yang meliputi:

  • Sistem pencatatan tuberkulosis.
  • Sistem pencatatan data kematian maternal dan perinatal.
  • Imunisasi.
  • Sistem rujukan nasional.
  • Kesehatan ibu dan anak.
  • Sistem informasi manajemen data terpadu kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit.

Fitur Aplikasi Pedulilindungi yang Masih Ada di Aplikasi Satu Sehat

Fitur yang ada pada aplikasi PeduliLindungi juga tetap ada di aplikasi Satu Sehat seperti:

  • Vaksinasi Covid-19.
  • Hasil tes antigen dan PCR.
  • Pindai QR code saat check-in.

Berikut perbedaan PeduliLindungi dengan aplikasi Satu Sehat yang perlu kamu ketahui. Saat ini aplikasi Satu Sehat masih dalam tahap pengembangan di iOS dan Android. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Ini Alasan PeduliLindungi Dicopot dari Gojek dan Grab