Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 17 Maret 2023 | 20:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Semakin berkembangnya konektivitas internet membuat banyak orang bisa terhubung dengan mudah. Zoomcar memanfaatkan hal tersebut dan membuat layanan sewa mobil dengan mengandalkan aplikasi serta internet.

Mereka berambisi menggaet komunitas car-sharing dan sewa mobil (car rental) seluas-luasnya di Tanah Air.

Sebagai informasi, Zoomcar memperkenalkan diri di Tanah Air sejak Maret 2022. Mereka mengklaim telah memiliki lebih dari 250 armada hasil kerja sama dengan mitra pemilik kendaraan atau yang mereka namai HOST.

Selain mengandalkan pemesanan melalui aplikasi, teknologi pemantau berbasis satelit akan mengikuti kemana saja mobil tersebut berjalan.

Ditambah ada asuransi yang melindungi kendaraan dan juga penyewanya. Menurut Delly Nugraha, Country Head Zoomcar Indonesia, penyewa yang disebut Guest dan pemilik mobil yang disebut Host, bisa bertransaksi tanpa harus bertemu muka.

Ilustrasi aplikasi Zoomcar. (Zoomcar)

Penyewa dapat mengambil mobil yang ditentukan oleh Host, tarif yang berdasarkan durasi pemakaian dan jenis mobilnya. Semua bisa disepakati secara online melalui aplikasi Zoomcar.

"Mobil yang disewa bisa diatur pengambilannya, tergantung pilihan lokasi yang diberikan oleh Host kepada penyewa tanpa perlu tatap muka, lalu mengaktifkan mobil lewat aplikasi," kata Delly melalui keterangan resminya, Kamis (16/3/2023).

Menurutnya, saat mobil dikembalikan bisa dilakukan tanpa tatap muka. Tarif sewa juga ditentukan bergantung mobil yang dipilih dan durasi sewa tentunya memberikan nilai hemat.

Dari sisi keamanan layanan, penyewa Zoomcar hanya perlu memfoto SIM mobil yang dimiliki, berikut eKTP dan foto selfie wajah. Durasi sewa pun bisa singkat atau selama dibutuhkan.

Menariknya, semakin lama mobil digunakan semakin hemat harga sewanya.

Ilustrasi Zoomcar. (Zoomcar)

"Ada 6 kelebihan sewa mobil di Zoomcar, yaitu tak ada batasan kilometer, lepas kunci, tanpa deposit, tak ada biaya ganti jadwal, pembatalan pun bisa dilakukan 6 jam sebelum sewa dimulai, dan tarif sewa mobil di Zoomcar mulai dari Rp14 ribu per jam," papar Delly.

Zoomcar bisa digunakan ke luar kota atau hanya sekedar ke mal untuk mengangkut belanjaan bulanan, menjemput anak sekolah, mengantar orang tua ke dokter, sampai perjalanan bisnis dan wisata ke provinsi lain.

Mobil yang disewakan pun bervariasi, mulai dari hatchback, sedan, SUV untuk jelajah alam, sampai mobil mewah sekalipun.

Manjakan Pengguna Carsome dan Bobobox

Pengguna aplikasi Carsome kini bisa mendapatkan kesempatan untuk menyewa mobil di Zoomcar dengan harga yang terjangkau.

Biasanya konsumen Carsome yang ingin menjual mobil akan meletakkan mobilnya sementara di gerai Carsome untuk kebutuhan administrasi. Nah, saat dalam tahap administrasi tersebut, konsumen Carsome akan mendapatkan voucher sewa mobil di Zoomcar.

Selain itu, konsumen Zoomcar juga mendapatkan voucher diskon untuk menginap di Bobobox Kapsul dan Bobobox Cabin, mulai dari Rp 25.000, Rp 30.000, dan diskon Rp 50.000. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Visa Digital Nomad: Bekerja Sambil Liburan Keliling Dunia