Sabtu, 24 Februari 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 21 Maret 2023 | 10:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Microsoft telah meluncurkan update Windows 11 terbaru dengan kode KB5023706 untuk Windows 11 22H2 yang sudah bisa didapatkan pengguna.

Namun sayangnya, update Windows 11 terbaru ini dilaporkan malah membuat masalah. Mulai dari PC atau laptop lemot hingga Blue Screen od Death atau BSoD.

Update Windows 11 terbaru ini sejatinya memberikan sejumlah perbaikan. Mulai dari fitur search bar di Task Manager dan taskbar untuk tablet.

Menurut laporan dari Techspot, pengguna sistem operasi Windows 11 yang mengalami penurunan kecepatan SSD mereka setelah melakukan pembaruan.

Dilaporkan juga kalau masalah ini diterima para pengguna SSD merk Adata, salah satunya seri XPG SX8200 Pro 1TB yang mengalami penurunan drastis.

Seperti dilaporkan pengguna Reddit, ia mendapati masalah waktu booting Windows yang lebih lama bahkan sampai 2 kali lipat lebih lama.

Pengguna Reddit tersebut melaporkan kalau booting Windows di perangkatnya mencapai 31 detik usai instal update Windows 11 terbaru.

Namun setelah ia menghapus update Windows 11 KB5023706 tersebut, perangkat miliknya kembali berjalan dengan normal.

Menurut Techspot, Microsoft sendiri telah mengakui kalau adanya masalah yang membuat SSD menjadi lebih lambat.

"Mengkopi file berukuran beberapa gigabyte (GB) akan membutuhkan waktu lebih lama dibanding sebelumnya di Windows 11 versi 22H2. Anda mungkin akan mengalami masalah saat mengkopi file ke WIndows 11 versi 22H2 dari network share via Server Message Block (SMB), namun file lokal yang dikopi juga mungkin terdampak," ungkap Microsoft.

Microsoft sendiri untuk sementara memberikan solusi dengan daftar perintah yang bisa dimasukkan pengguna untuk memperbaiki masalah.

Kedua perintah ini antara lain:

  • robocopy someserversomeshare c:somefolder somefile.img /J
  • xcopy someserversomeshare c:somefolder /J

Para pengguna bisa menggunakan perintah tersebut untuk mengcopy file di SSD yang terasa lambat karena dampak pembaruan Windows 11.

Masalah Update Windows 11 Lainnya

Tidak hanya soal SSD menjadi lambat dan copy file lebih lama prosesnya, pengguna juga melaporkan masalah lain setelah update Windows 11 terbaru.

Diungkap kalau ditemukan masalah koneksi WiFi yang lebih lambat usai mereka melakukan pembaruan sistem operasi dari Microsoft tersebut.

Pengguna lain juga mengeluhkan adanya BSoD yang mereka dapati setelah menginstal update terbaru dari Windows 11 tersebut.

Untuk sampai saat ini, solusi termudah untuk masalah Update Windows 11 terbaru ini adalah mencopot instalasi pembaruan tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Android 11 Mendominasi, Android 13 Baru Dipakai oleh 15 Persen Perangkat di Pasar Global