Senin, 27 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 22 Maret 2023 | 07:44 WIB

Hitekno.com - Salah satu hal yang bikin jengkel pengguna browser Google Chrome adalah peringatan Error "Your Connection is Not Private".

Terkadang, kamu akan menemukan peringatan Error "Your Connection is Not Private" ketika hendak membuka suatu situs.

Yang bikin menjengkelkan adalah ketika situs tersebut biasanya aman-aman saja ketika kamu akses, namun entah karena hal apa, situs tersebut tiba-tiba memberi peringatan "Your Connection is Not Private".

Mengapa muncul "Your Connection is Not Private"?

Jika jaringan kamu sering muncul "Your Connection is Not Private" maka sebenarnya browser kamu menemukan masalah saat membuat sambungan SSL atau tidak dapat memverifikasi sertifikat. 

Saat kesalahan ini muncul, browser web akan melarang kamu mengunjungi situs web tersebut dengan menuliskan peringatan itu.

Sebagai informasi, sertifikat SSL yang valid membuat situs web berjalan di HTTPS, versi HTTP yang lebih aman.

Sementara situs web dengan koneksi SSL kerap lebih rentan terhadap masalah keamanan dan inilah yang membuatnya kurang dapat diandalkan.

Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah "Your Connection is Not Private" tersebut.

1. Muat Ulang Halaman Web

Saran pertama dari Hitekno.com adalah memuat ulang halaman. Memuat ulang halaman bisa menjadi salah satu cara yang paling bagus untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, ada kemungkinan pekerjaan terkait SSL sedang berlangsung dengan situs web, jadi jika kamu menunggu beberapa saat dan memuat ulang halaman, masalah tersebut dapat hilang.

2. Bersihkan Cache Google Chrome

Data SSL situs web di cache browser Google Chrome kamu mungkin telah kedaluwarsa. Jadi jika kamu menghapus cache, peringatan "Your Connection is Not Private" mungkin akan hilang.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus cache browser Google Chrome kamu:

  • Langkah 1 : Klik 3 titik vertikal di pojok kanan atas dan pilih Pengaturan.
  • Langkah 2 : Klik tab “Privasi dan Keamanan” di bilah sisi kiri dan pilih “Hapus data penjelajahan”.
  • Langkah 3 : Pilih Cache dan Cookies, lalu klik “Hapus data”.

3. Nonaktifkan VPN kamu

Beberapa program VPN dengan fitur pemindaian SSL dapat membuat browser kamu menampilkan peringatan "Your Connection is Not Private".

Ini terjadi jika VPN yang kamu gunakan mendeteksi kejanggalan dengan sertifikat SSL situs web. Atau VPN yang kamu pakai tidak mendukung SSL website tersebut.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menonaktifkan program VPN setidaknya untuk sementara, untuk melihat apakah tindakan tersebut memperbaiki kesalahan.

Itulah cara mudah mengatasi masalah "Your Connection is Not Private" di browser Google Chrome .

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Opera Ikutan Bikin AI Terintegrasi, Mirip Punya Microsoft Edge