Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 24 Maret 2023 | 13:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Manajer Keuangan dan Akun Oppo Mobiles India Private Limited, Mahendra Kumar Rawat, telah ditangkap oleh Komisaris Pajak Barang dan Jasa Pusat (CGST) karena diduga melakukan penipuan dengan memanfaatkan faktur palsu senilai Rs 19 crore untuk memperoleh kredit pajak masukan (ITC). Rawat kemudian diproduksi di pengadilan dan ditahan hingga 3 April.

Dilansir dari Gizmochina, penyelidikan menunjukkan bahwa Oppo Maharashtra terlibat dalam penipuan dengan memanfaatkan ITC palsu tanpa menerima barang apa pun dari pemasoknya, M/S Gain Hero India Private Limited. Tagihan e-way untuk transaksi tersebut juga ditemukan palsu.

Mahendra Kumar Rawat memainkan peran kunci dalam penipuan tersebut dan mengakui bahwa tagihan e-way yang dihasilkan adalah palsu. Kasus ini merupakan bagian dari dorongan khusus yang diluncurkan oleh CGST Mumbai Zone terhadap penipu pajak dan penghindar pajak.

Logo Oppo. (Oppo)

Insiden ini menimbulkan kekhawatiran tentang kredibilitas praktik bisnis pembuat smartphone China di India, di mana perusahaan perlu mematuhi hukum dan menjaga transparansi dan integritas dalam transaksi keuangan mereka.

Kegagalan untuk melakukannya dapat berakibat pada hukuman yang signifikan yang dapat mempengaruhi reputasi dan posisi pasar perusahaan tersebut. Kasus ini menjadi peringatan bagi perusahaan lain untuk menghindari praktik penipuan dan mematuhi hukum.

BACA SELANJUTNYA

Cara Bayar PBB Online Tanpa Keluar Rumah, Super Simpel