Minggu, 21 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 30 Maret 2023 | 13:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Memperingati World Backup Day atau Hari Backup Sedunia yang jatih pada setiap 31 Maret, Western Digital mengingatkan pentingnya backup data. Ketahui juga bagaimana cara backup data yang bisa dilakukan.

Western Digital ingin mengingatkan kembali akan pentingnya untuk mencadangkan data secara berkala, baik itu di smartphone, PC, tablet, maupun Mac.

Faktanya, data digital yang kita miliki sekarang bukan lagi hanya foto dan video kasual, tapi justru file pekerjaan, materi pelajaran sekolah, dokumen penting, dan konten berharga lainnya. Maka itu, sangat disayangkan bukan jika data penting dan berharga tersebut hilang begitu saja akibat lupa backup?

Apalagi data itu seringkali bersifat rahasia, terutama bagi perusahaan dan organisasi, yang mungkin dokumen penting dan data transaksi. Ini menjadi hal serius yang harus diberikan perhatian lebih.

Tahukah kalian? Ada cerita menarik yang sekaligus menjadi contoh nyata pentingnya backup data, terutama menjadi pelajaran berharga bagi orang- orang yang bekerja dengan data teknis dalam jumlah besar.

Kisah Data Toy Story 2

Kebanyakan dari kalian mungkin familiar dengan Toy Story 2, petualangan animasi klasik dari Pixar yang juga merupakan film animasi komputer penuh pertama yang cukup terkenal di berbagai kalangan usia.

Dibalik kesuksesan film tersebut, ternyata terdapat mimpi buruk terbesar saat produksi film, dimana seorang karyawan Pixar secara tidak sengaja menghapus Toy Story 2 saat proses produksi di tahun 1998.

Sekitar 90% dari pekerjaan yang dilakukan pada Toy Story 2 telah terhapus, dan sepertinya pengerjaan Toy Story 2 harus dimulai lagi dari awal atau produksi akan dihapus sama sekali.

Singkat cerita, Keselamatan datang ketika salah satu karyawan bekerja dari rumah beberapa waktu sebelum, dan telah membuat sistem yang menyalin database Toy Story 2. Berkat hal tersebut, Pixar dapat memulihkan semua aset yang dihapus dan memiliki akhir cerita yang bahagia.

Sekarang coba bayangkan jika hal ini terjadi kepadamu! Tentu saja, pekerjaan akan jadi terhambat dan bisa menimbulkan malapetaka. Maka dari itu, di Hari Backup Sedunia ini, sangatlah penting untuk menciptakan kebiasaan baru untuk backup data secara teratur.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara backup data yang dibagikan oleh Western Digital: 

Pengguna smartphone dapat menggunakan USB flash drive.

Western Digital - SanDisk Ultra Dual Drive Luxe. (Western Digital)

USB Flash drive adalah solusi simpel, cepat dan terjangkau dengan plug-and-play untuk mengarsipkan file, foto dan video langsung dari smartphone-mu.

Bahkan sekarang sudah ada USB dual-connector seperti SanDisk Ultra Dual Drive Luxe, yang bisa mentransfer file dengan mudah antara smartphone, tablet, Mac, dan komputer/laptop dengan colokan Type-A.

Untuk pengguna iPhone yang biasanya tidak memiliki opsi untuk menambah penyimpanan memori internal ponsel, SanDisk iXpand Flash Drive Luxe hadir dengan dua konektor agar bisa memudahkan perpindahan & backup file antara iPhone, iPad Pro, Mac, dan perangkat USB Type-C, termasuk ponsel Android.

Siapkan Eksternal Drive Untuk Kapasitas Extra 

Western Digital - My Passport. (Western Digital)

Para pekerja profesional di bidang digital, seperti fotografer, kreator konten, videographer, dan desainer, biasanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat besar untuk menyimpan file mereka.

Untuk kapasitas ekstra besar, kamu bisa menggunakan drive eksternal, yang terbagi menjadi dua opsi: Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD).

HDD, seperti WD My Passport biasanya memiliki harga lebih terjangkau dengan kapasitas penyimpanan lebih besar, dimana SSD seperti WD My Passport SSD lebih unggul dari segi kecepatan dan durabilitasnya yang lebih tinggi.

Masing-masing opsi tersebut memiliki keunggulan tersendiri, jadi pilihlah opsi yang paling cocok sesuai kebutuhanmu.

Agar tidak lupa melakukan backup, sangat direkomendasikan untuk membuat jadwal reminder teratur setiap bulan ataupun tiap 3 bulan, untuk mencadangkan foto dan video antar perangkat ke dalam drive eksternal.

Supaya lebih mudah, aktifkan software â€œWD Backup” yang ada di dalam WD My Passport dan WD My Passport SSD untuk pencadangan file sederhana ke drive atau akun layanan cloud-mu.

Kelebihan lainnya, WD My Passport memiliki garansi terbatas selama 3 tahun sedangkan WD My Passport SSD memiliki garansi terbatas selama 5 tahun.

Keduanya juga dilengkapi dengan enkripsi perangkat keras AES 256-bit dengan perlindungan kata sandi sehingga kamu dapat menyimpan, mengakses, dan melindungi konten yang penting.

Untuk sinkronisasi otomatis, Cloud adalah pilihan tepat

Western Digital - WD My Cloud Home. (Western Digital)

Jika ingin menyimpan semua konten digitalmu di satu tempat, WD My Cloud Home bisa menjadi solusinya. Hanya tinggal mencolokkan ke router, kamu bisa mencadangkan setiap perangkat di jaringanmu, termasuk drive eksternal, USB, perangkat seluler, komputer, dan bahkan akun cloud secara otomatis. WD My Cloud Home tersedia dalam kapasitas yang sangat besar hingga 16TB.

Semuanya dapat diakses dari jarak jauh dan aman melalui internet, dan kamu dapat mengundang teman dan keluarga untuk berkolaborasi dalam foto, video, dokumen, dan lainnya – cocok digunakan saat liburan, kerja, dan sekolah. Semua pengguna dapat diberi akses terbatas atau menggunakan ruang terproteksi yang hanya dapat diakses oleh mereka.

Berkat tools yang bermanfaat seperti perangkat lunak pencadangan otomatis dan perlindungan kata sandi, backup data pun sudah menjadi lebih simple dan bisa dilakukan secara teratur.

Melalui jajaran produk SanDisk dan WD yang disebutkan di atas, kamu bisa secara konsisten melakukan backup data dan terhindar dari resiko kehilangan data. Selain itu, backup data akan memudahkanmu untuk mengambil file dan informasi saat dibutuhkan. 

Jadi, jangan lupa ya untuk backup data-mu. Gunakan tips dan cara backup data yang dibagikan Western Digital di atas.

BACA SELANJUTNYA

3 Tips Backup Kenangan Indah di Smartphone