Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 04 April 2023 | 16:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perusahaan mengunggah teaser mengenai Asus ROG Ally pada 1 April 2023 di media sosial. Sebagian netizen beranggapan bahwa Asus sedang menyiapkan lelucon April Mop.

Meski begitu, perusahaan memberikan beberapa teaser dan video trailer pada dua hari terakhir.

Asus mengonfirmasi bahwa ROG Ally merupakan konsol PC gaming genggam yang bakal menjadi kenyataan.

Ini berarti anggapan tentang lelucon April Mop salah besar. Asus ROG Ally sudah terlihat di situs resmi dan saluran YouTube milik perusahaan.

Tak hanya itu, Asus ROG Ally juga terdaftar di e-commerce Best Buy. Ini menyiratkan bahwa pre-order siap dibuka dalam waktu dekat.

Asus ROG Ally. (Asus)

Menurut Asus, ROG Ally memiliki Ryzen APU yang disesuaikan dari AMD. Ini seperti Aerith SoC di dalam Steam Deck milik Valve. Perusahaan mengklaim bahwa itu adalah yang tercepat dari AMD.

ROG Ally terlihat seperti perangkat genggam gaming kontemporer lainnya, dengan layar kecil yang terjepit di antara tombol pengontrol game.

Dikutip dari The Verge, konsol ROG Ally mengusung layar berukuran 7 inci 16:9 dengan resolusi 1920 x 1080, kecerahan 500 nits, dan kecepatan refresh 120 Hz.

Menurut ETA Prime, APU yang tidak diketahui akan memberikan kinerja CPU yang lebih buruk daripada model Zen 3+ seperti Ryzen 9 6900HX. YouTuber itu berspekulasi bahwa AMD hanya akan menyertakan inti Zen 3.

Asus ROG Ally. (Asus)

Sebaliknya, APU khusus akan menampilkan GPU yang lebih bertenaga daripada Radeon 680M yang disertakan AMD dalam Ryzen 7 6800U hingga Ryzen 9 6980HX.

ETA Prime menambahkan bahwa ROG Ally kemungkinan akan menawarkan 8 atau 12 Unit Komputasi (CU) berdasarkan arsitektur RDNA 3. Dengan kata lain, ROG Ally menyamai kinerja GPU seperti Radeon 760M atau Radeon 780M.

Ini masih sekadar prediksi mengingat Asus belum membeberkan spesifikasi utama ROG Ally ke publik.

Konsol gaming genggam Asus ROG Ally diharapkan dapat tersedia secara komersial pada kuartal kedua 2023.

BACA SELANJUTNYA

Asus ROG Hadirkan 4 Motherboard Intel Z790 Terbaru