Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 07 April 2023 | 20:02 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Uni Eropa mengambil langkah signifikan untuk memperkuat industri semikonduktornya, yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok AS dan Asia di tengah gangguan rantai pasokan global. Dengan Undang-Undang Chip Uni Eropa, rencana 43 miliar euro (US $ 47 miliar), blok tersebut bermaksud untuk menggandakan pangsa output chip globalnya menjadi 20% dalam satu dekade. Ketika negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen bersiap untuk bertemu pada 18 April untuk menyelesaikan rincian pendanaan, persetujuan Undang-Undang Chips tampaknya sudah dekat.

Dilansir dari Gizmcohina, rencana berani Uni Eropa 43 miliar euro (US $ 47 miliar), yang dikenal sebagai Undang-Undang Chip Uni Eropa, berada di jalur untuk mendapatkan persetujuan dari negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen pada 18 April. Undang-undang ini bertujuan untuk memperkuat industri semikonduktor Eropa dan mengurangi ketergantungan pada chip AS dan Asia, menyusul masalah rantai pasokan global yang melanda bisnis Eropa di berbagai sektor.

Tujuan utama undang-undang ini adalah untuk menggandakan pangsa Uni Eropa dari output chip global menjadi 20% dalam satu dekade. Pengumuman itu menyusul AS memperkenalkan Chips for America Act sendiri untuk bersaing dengan sektor teknologi China. Negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen akan bertemu di sesi Parlemen Eropa di Strasbourg pada 18 April, di mana mereka diharapkan untuk menyetujui rincian pendanaan untuk Undang-Undang tersebut.

Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Awalnya, Komisi Eropa menyarankan pendanaan hanya untuk pabrik chip canggih. Namun, pemerintah dan anggota parlemen Uni Eropa kini telah memperluas ruang lingkup untuk mencakup seluruh rantai nilai, seperti chip yang lebih tua dan fasilitas penelitian dan desain. Salah satu pendorong utama untuk ekspansi ini adalah IMEC yang berbasis di Belgia, pusat inovasi terkemuka dalam nanoelektronika dan teknologi digital, dengan lebih dari 600 pemain industri utama. Anggota parlemen melihat IMEC sebagai alasan penting untuk berinvestasi lebih banyak dalam penelitian dan pengembangan UE.

Keputusan untuk mendukung seluruh rantai nilai juga meredakan kekhawatiran dari negara-negara Uni Eropa yang lebih kecil tentang ditinggalkan. Misalnya, Intel tertarik dengan Undang-Undang Chip dan memilih Jerman untuk kompleks manufaktur mega chip barunya. Demikian pula, perusahaan Prancis-Italia STMicroelectronics telah bermitra dengan GlobalFoundries untuk membangun pabrik chip 6,7 miliar euro di Prancis, yang didukung oleh pemerintah Prancis.

Ketika Undang-Undang Keripik UE semakin mendekati persetujuan, Uni Eropa mengambil langkah signifikan untuk meningkatkan industri semikonduktornya dan mengurangi ketergantungan pada pemasok eksternal. Keberhasilan inisiatif ini akan sangat penting dalam mengamankan posisi UE dalam lanskap teknologi global dan mengatasi krisis rantai pasokan semikonduktor yang sedang berlangsung.

BACA SELANJUTNYA

Sempat Terpukul Mundur Gara-Gara Sanksi AS, Industri Chip China Mulai Pulih