Rabu, 01 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 07 April 2023 | 22:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google sedang mengerjakan cara agar fitur Find My Device dapat bekerja bahkan ketika ponsel Android dalam keadaan mati. Seperti yang kita ketahui, saat ini tidak ada cara untuk melacak lokasi ponsel Android yang mati, sehingga pengguna hanya bisa mengetahui lokasi terakhir ponsel tersebut.

Namun, leaker Kuba Wojciechowski menemukan petunjuk bahwa Google sedang memperbaiki masalah ini, sehingga pemilik ponsel Android dapat menemukan perangkat mereka dengan lebih mudah.

Dilansir dari Android Authority, tidak seperti ponsel Android saat ini, iPhone sudah memiliki fitur ini selama bertahun-tahun. Google kabarnya akan menggunakan teknologi ultrawideband (UWB) untuk menentukan lokasi ponsel Android dengan tingkat akurasi yang tinggi, bahkan ketika perangkat itu dimatikan.

Kode yang bocor juga menunjukkan bahwa perangkat keras Bluetooth di telepon akan tetap bertenaga bahkan ketika telepon itu sendiri mati.

Namun, untuk mewujudkan fitur ini, perangkat keras telepon harus menjaga modul Bluetooth tetap bertenaga setiap saat. Saat ini, belum jelas ponsel Android mana yang mendukung teknologi ini – jika ada sama sekali.

Tetapi ada kemungkinan bahwa seri Pixel 8 akan menjadi ponsel pertama yang mendukung fitur ini, dan kemudian secara bertahap akan diluncurkan ke ponsel Android lainnya dari waktu ke waktu.

Google saat ini juga sedang mengerjakan pesaing AirTag dengan nama kode "grogu." Oleh karena itu, kabar mengenai fitur Find My Device yang baru ini berkaitan dengan baik dengan proyek "grogu".

Diharapkan Google akan membuat dorongan besar untuk Find My Device dan perangkat keras yang kompatibel tahun ini. Bagi pemilik ponsel Android yang sering kehilangan ponsel, ini tentu akan menjadi berita baik.

BACA SELANJUTNYA

Gandeng Datascrip, Dahua Hadirkan Android Smart TV ke Indonesia