Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 14 April 2023 | 14:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp mengenalkan fitur keamanan baru mereka yang dihadirkan untuk menjaga data para penggunananya. Dengan fitur keamanan ini, diharapkan bisa melindungi akun WhatsApp pengguna lebih keta.

Selain menjaga akun WhatsApp, fitur keamanan ini juga melindungi data dan percakapan priadi para pengguna. Karena WhatsApp menganggap penting pesan pengguna yang harus bersifat pribadi dan aman layaknya percakapan langsung.

Melindungi pesan pribadi menggunakan enkripsi end-to-end adalah dasar dari keamanan tersebut, dan WhatsApp tidak berhenti membangun fitur baru guna memberi lapisan privasi tambahan, serta lebih banyak kontrol atas pesan.

Banyak dari upaya ini dilakukan WhatsApp di balik layar tanpa perlu tindakan apa pun dari pengguna. Saat ini, WhatsApp mengungkap fitur keamanan tambahan yang akan ditambahkan dalam beberapa bulan mendatang.

Perlindungan Akun: Jika kamu perlu mengalihkan akun WhatsApp ke perangkat baru, WhatsApp akan memastikan bahwa itu memang kamu.

Mulai sekarang, WhatsApp akan meminta di perangkat lama untuk memverifikasi bahwa pengguna ingin melakukan langkah ini sebagai pemeriksaan keamanan tambahan. Fitur ini dapat membantu memperingatkan apabila ada percobaan yang tidak sah untuk memindahkan akun WhatsApp ke perangkat lain.

Verifikasi Perangkat: Saat ini, malware perangkat seluler adalah salah satu ancaman terbesar terhadap privasi dan keamanan orang-orang karena dapat memanfaatkan smartphone tanpa izin dan menggunakan WhatsApp untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan.

Guna membantu mencegah ancaman ini, WhatsApp telah menambahkan pemeriksaan untuk membantu mengautentikasi akun pengguna—tanpa perlu tindakan apa pun—dan melindungi dengan lebih baik apabila perangkat disusupi. Hal ini memungkinkan untuk terus menggunakan WhatsApp tanpa gangguan.

Kode Keamanan Otomatis: Pengguna WhatsApp yang paling sadar akan keamanan selalu dapat memanfaatkan fitur verifikasi kode keamanan WhatsApp guna membantu memastikan chat benar-benar sampai ke penerima yang dimaksudkan. Kamu dapat memeriksanya secara manual dengan membuka tab enkripsi pada bagian info kontak.

Untuk membuat proses ini lebih efisien dan mudah diakses oleh semua orang, WhatsApp meluncurkan fitur keamanan berdasarkan proses yang disebut "Transparansi Kunci", yang memungkinkan secara otomatis memverifikasi bahwa pengguna memiliki koneksi yang aman.

Artinya, saat mengeklik tab enkripsi, pengguna akan dapat segera memverifikasi bahwa pembicaraan pribadi kamu aman.

Berikut adalah tiga cara tambahan yang bisa dilakukan untuk membantu mengamankan akun WhatsApp. Meskipun ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan keamanan bagi semua orang, ada dua fitur yang dapat diaktifkan hanya oleh kamu: verifikasi dua langkah dan penggunaan cadangan yang terenkripsi secara end-to-end.

Diharapkan pengguna WhatsApp dapat menikmati peningkatan fitur keamanan yang baru ini. Fitur yang menjaga dan dan akun WhatsApp kamu lebih aman.

BACA SELANJUTNYA

Hasil Studi Cloudflare, Indonesia Rugi Rp 15 Miliar akibat Insiden Keamanan Siber