Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 April 2023 | 07:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masalah Microsoft Word terkunci dengan pemilihan pesan terkunci umumnya disebabkan oleh banyak faktor. Ikuti tutorial Microsoft Word yang dirangkum tim HiTekno.com untuk masalah terkunci tidak bisa mengetik.

Terkadang masalah Microsoft Word terkunci sering ditemui. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi permasalahan tersebut nantinya juga harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Cara membuka Microsoft Word yang terkunci ini bisa diterapkan di semua versi Microsoft Word. Mulai dari Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019. Selain itu, bisa kamu terapkan di Windows 7, Windows 8 hingga Windows 10.

Berikut cara membuka Microsoft Word terkunci yang sering terjadi seperti tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Periksa Koneksi Keyboard dengan Laptop atau PC

Jika kamu menggunakan keyboard eksternal, Microsoft Word mungkin terkunci karena koneksi keyboard tidak berfungsi normal. Khusus pada keyboard berkabel, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu kondisi kabel atau port USB yang menghubungkan PC ke keyboard.

Sedangkan jika menggunakan keyboard wireless, pastikan doggle yang menghubungkan keyboard ke PC tetap dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan baterai keyboard wireless masih terisi dan tidak habis.

2. Restart Laptop atau Komputer

Kemungkinan Microsoft Word yang tidak bisa mengetik dan terkunci bisa disebabkan karena telah terjadi bug atau error dari sistem operasi pada PC. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk me-restart PC dengan cara berikut.

  • Pertama, tekan tombol Windows atau pilih ikon jendela di pojok kiri bawah desktop.
  • Kemudian klik menu Daya.
  • Setelah itu, klik opsi Restart.
  • Lalu tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai.

3. Matikan Fitur Perlindungan Dokumen

Microsoft Word yang terkunci bisa jadi karena fitur Document Protection aktif. Ini karena dokumen Word yang perlindungannya diaktifkan tidak akan dapat diketik dan diubah oleh pengguna.

Maka kamu harus menonaktifkan Document Protection terlebih dahulu agar Microsoft Word tidak terkunci dan bisa digunakan untuk mengetik. Langkah-Langkahnya Adalah:

  • Pertama, buka dokumen yang ada di Microsoft Word.
  • Kemudian klik File> Info.
  • Kemudian pilih menu Lindungi Dokumen.
  • Selanjutnya, klik opsi Tandai Sebagai Final.
  • Klik OK di kotak dialog yang muncul di layar.
  • Setelah itu, kembali ke dokumen dan klik Edit Anyway pada notifikasi MARKED AS FINAL untuk mulai mengetik dan mengedit dokumen.

Itulah beberapa cara membuka Microsoft Word terkunci dan tidak bisa digunakan untuk mengetik. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Ngeprint Dokumen Bolak-balik di Microsoft Word