Sabtu, 13 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 18 April 2023 | 16:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Intel dan Arm baru saja mengumumkan kemitraan strategis yang ditujukan untuk menantang Samsung Foundry, salah satu produsen chip terbesar di dunia. Kemitraan ini bertujuan untuk memproduksi chip smartphone yang dapat digunakan secara luas di sejumlah perangkat Android, dengan harapan meluncurkan produk yang dapat meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan.

Perusahaan-perusahaan ini memiliki reputasi yang baik di industri chip untuk komputer, perangkat terhubung pintar dan CPU di berbagai perangkat, sehingga kehadiran mereka dalam industri manufaktur semikonduktor ini akan meningkatkan persaingan dan mendorong inovasi dalam teknologi chip.

Dilansir dari Android Headlines, prosesor Intel 18A membawa terobosan dalam teknologi transistor, yang dapat meningkatkan kinerja smartphone. Intel dan Arm berencana untuk membawa proses ini ke cahaya, membantu desainer chip untuk membangun system-on-chip (SoC) komputasi berdaya rendah. Selain itu, kemitraan ini akan memperkuat fokus pada efisiensi energi dan memenuhi berbagai standar dan peraturan, karena satu perusahaan dalam kemitraan ini adalah Amerika dan Eropa lainnya.

OEM prosesor smartphone akan dapat beralih ke Intel dan Arm untuk layanan mereka. Ini akan menghasilkan chip yang menggunakan core CPU berbasis ARM untuk kinerja yang lebih baik. Meskipun fokus utama kemitraan ini adalah pada prosesor smartphone untuk desainer chip di seluruh dunia, kemitraan ini mungkin juga dapat diterapkan dalam produksi otomotif, Internet of Things (IoT), pusat data, dan chip kedirgantaraan di masa depan.

Samsung tetap menjadi pemain besar di industri semikonduktor, tetapi mereka masih berjuang untuk merancang chip in-house yang dapat naik level ke kompetisi. Baru-baru ini, Samsung Foundry telah memulai pengembangan proses fabrikasi chip 3nm. Namun dengan kehadiran Intel dan Arm di industri manufaktur semikonduktor, persaingan akan semakin sengit dan mempercepat kemajuan teknologi chip.

BACA SELANJUTNYA

Software Update Samsung Galaxy Tab S9 Series, Hadirkan Galaxy AI