Senin, 29 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 18 April 2023 | 20:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Canalys baru saja merilis laporan tentang pasar smartphone global selama kuartal pertama tahun ini. Menurut laporan awal tersebut, pengiriman pada Q1 2023 turun sebesar 12% secara tahunan, yang merupakan penurunan untuk kuartal kelima berturut-turut. Dalam hal ini, Samsung mengambil kembali posisi teratas dari Apple karena menurunnya minat konsumen pada seri iPhone 14 Pro. Sementara itu, Xiaomi kehilangan banyak penjualan, tetapi masih berhasil bertahan di urutan ketiga.

Menurut analis Canalys Sanyam Chaurasia seperti dilansir dari GSM Arena, penurunan yang terjadi sejalan dengan ekspektasi industri. Walaupun kondisi ekonomi sedikit membaik dan perusahaan menginvestasikan lebih banyak pada promosi dan kegiatan pemasaran lainnya, namun permintaan konsumen tetap lesu terutama di segmen low-end karena inflasi yang tinggi.

Akibatnya, penurunan permintaan membuat para pembuat smartphone mengurangi volume produksi agar dapat membersihkan persediaan yang ada. Namun, tindakan ini berdampak negatif pada rantai pasokan komponen dalam jangka panjang.

Ilustrasi smartphone. (Nokia)

Meski demikian, patch kasar ini mendorong vendor smartphone untuk menjadi lebih aktif dalam perencanaan produksi dan optimasi pesanan. Pertanda pemulihan diharapkan pada Q2 2023, sehingga akan melihat stok yang ada dijual, dan kemudian pengiriman diharapkan akan meningkat lagi.

Melihat tren ini, produsen smartphone sedang mengalihkan fokus mereka untuk memperbaiki pasokan komponen dan mempertahankan harga di pasar. Terutama, vendor yang berada di bawah Top 5 sedang memperkuat persaingan dengan mengeluarkan produk inovatif dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan demikian, mereka dapat mempertahankan pangsa pasarnya dan meraih keuntungan pada masa yang akan datang.

BACA SELANJUTNYA

Melalui Galaxy Buds Series, Samsung Tawarkan Pengalaman Audio Cerdas nan Immersif