Sabtu, 13 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 20 April 2023 | 20:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung, perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan, dikabarkan tengah mengerjakan chipset andalan terbarunya yang diberi nama Exynos 2400. Chipset ini diharapkan dapat menjadi jawaban Samsung untuk meningkatkan performa smartphone-nya, terutama dalam hal kecepatan dan kualitas grafis yang dihasilkan. Chipset ini juga diharapkan dapat membawa teknologi ray tracing ke dalam smartphone Samsung terbaru.

Dilansir dari GSM ArenaExynos 2400 dilaporkan akan dilengkapi dengan unit grafis berbasis RDNA2 baru dengan 6WGP yang lebih kuat. Menurut leakster di Twitter, hal ini akan menghasilkan performa empat kali lebih baik daripada chipset Exynos 2200, yang hanya memiliki 3CU. WGP sendiri merupakan singkatan dari "workgroup processor" dan merupakan bagian dari arsitektur RDNA yang dikembangkan oleh AMD. Satu WGP mencakup 2 unit komputasi dalam solusi RDNA2 baru, yang berarti total 12 unit pada Exynos 2400.

Selain itu, laporan sebelumnya juga menyebutkan bahwa Exynos 2400 akan memiliki CPU 10-core dengan satu core Cortex-X4 utama, dua unit Cortex-A720 pada frekuensi yang lebih tinggi, tiga core Cortex-A720 clock lebih rendah dan empat core Cortex-A520 hemat daya.

Samsung Exynos 2200, pendahulu dari Exynos 2400. (Samsung)

Samsung dilaporkan bekerja sama dengan AMD dan pengembang game untuk menerapkan teknologi ray tracing pada chipset terbarunya. Salah satu game pertama yang diharapkan dapat dimainkan dengan teknologi ini adalah Diablo: Immortal untuk Android. Namun, sampai saat ini, smartphone bertenaga Exynos 2200 masih belum dapat menjalankan pengaturan grafis tertinggi dari game tersebut.

Exynos 2400 diperkirakan akan diperkenalkan pada seri Galaxy S24, yang diperkirakan akan tiba pada awal tahun depan. Diharapkan dengan chipset terbaru ini, Samsung dapat menghadirkan smartphone yang lebih bertenaga dan mampu menghasilkan kualitas grafis yang lebih baik, sehingga pengalaman bermain game dan menonton video dapat lebih memuaskan bagi pengguna.

BACA SELANJUTNYA

Galaxy AI Segera Hadir di Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5