Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 30 April 2023 | 18:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk membawa kembali chip Exynos pada flagship seri Galaxy S-nya. Hal ini dilakukan setelah Samsung memutuskan untuk tidak menggunakan chip Exynos pada jajaran Galaxy S23 tahun ini, dan mengalami kerugian besar dalam bisnis semikonduktor pada kuartal pertama tahun 2023.

Demikian disampaikan oleh eksekutif puncak di Samsung LSI, divisi yang bertanggung jawab untuk mengembangkan chip Exynos, dalam panggilan pendapatan yang diadakan sebelumnya, dilansir dari Android Authority.

"Divisi MX (Mobile Experience) merupakan pelanggan utama dan bertujuan untuk mengembangkan bisnis dengan jajaran produk yang dapat diterapkan ke semua segmen seri Galaxy. Kami juga sedang mengerjakan re-entry," kata eksekutif tersebut saat menjawab pertanyaan tentang kemungkinan seri Galaxy S24 mendapatkan varian Exynos.

Spesifikasi Exynos 1280. (Samsung)

Rumor juga melayang di Twitter bahwa Samsung berencana untuk melengkapi model dasar Galaxy S24 dengan Exynos 2400. SoC dilaporkan akan memiliki CPU 10-core, termasuk satu core Cortex-X4 utama, lima unit Cortex-A720, dua di antaranya akan memiliki frekuensi yang lebih tinggi, dan empat core Cortex-A520 yang hemat daya.

Meskipun pernyataan terbaru Samsung LSI tidak mengkonfirmasi kembalinya Exynos pada seri Galaxy S, namun hal ini menjadi indikator kuat bahwa kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi. Samsung dapat membatasi versi Snapdragon dari ponsel Galaxy S24 untuk pasar tertentu seperti AS jika comeback Exynos terjadi. Pada saat yang sama, wilayah lain seperti Eropa terjebak dengan varian Exynos. Saat ini, masih belum diketahui kapan seri Galaxy S24 akan diluncurkan dan apakah ponsel tersebut akan mengusung chip Exynos atau Snapdragon.

BACA SELANJUTNYA

Melalui Galaxy Buds Series, Samsung Tawarkan Pengalaman Audio Cerdas nan Immersif