Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 04 Mei 2023 | 19:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google secara diam-diam telah mengembangkan sistem operasi baru bernama Fuchsia, yang menjadi alternatif non-Linux bagi Android. OS baru ini telah diperkenalkan ke berbagai smart display milik Google sejak tahun 2021. Setelah mengalami uji coba pada Nest Hub generasi pertama dan Nest Hub Max, kini upgrade sistem operasi Fuchsia telah tersedia untuk Nest Hub (Gen-2), menjadikan proyek rahasia ini sebagai OS universal untuk smart display milik raksasa teknologi tersebut.

Menurut Android Police, Google telah mengkonfirmasi kehadiran perubahan ini melalui pembaruan firmware pada model Nest Hub generasi terbaru. Beberapa pengguna yang telah mendaftar pada program preview Google dikabarkan akan mendapatkan pembaruan tersebut secara bertahap.

Meski demikian, perubahan antara pengalaman inti pada Cast OS dan Fuchsia pada Nest Hub (Gen-2) terlihat hampir sama. Namun, penggunaan Fuchsia pada Nest Hub diklaim lebih aman dan cepat dalam casting, sehingga mampu memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap serangan siber.

Untuk mengecek apakah Nest Hub (Gen-2) telah menggunakan OS baru Fuchsia, pengguna harus membuka aplikasi Google Home dan masuk ke bagian Nest Hub, lalu klik tombol Settings di pojok kanan atas dan lanjutkan ke Device Information. Alternatif lainnya, pengguna dapat menuju ke halaman Technical Information pada daftar Pengaturan display. Jika terdapat "Fuchsia version", maka pembaruan sudah tersedia pada Nest Hub tersebut.

Pengembangan Fuchsia pada Nest Hub (Gen-2) masih berlangsung bertahap, dan belum jelas kapan semua smart display Nest Hub stabil akan mendapatkan pembaruan ke Fuchsia. Namun, ini menjadi langkah awal Google dalam menjadikan Fuchsia sebagai OS universal yang dapat digunakan pada berbagai perangkat.

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android