Minggu, 16 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 09 Mei 2023 | 11:52 WIB

Hitekno.com - Skyline, salah satu emulator Nintendo Switch untuk Android, menghentikan pengembangannya setelah menerima pemberitahuan takedown DMCA dari Nintendo. Tim Skyline mengumumkan penghentian pengembangan emulator tersebut melalui Discord.

Meskipun emulator pada dasarnya tidak ilegal, tim pengembang mencatat bahwa pemberitahuan dari Nintendo terkait perangkat lunak bernama Lockpick.

Lockpick digunakan untuk mengeluarkan kunci keamanan dari konsol Nintendo Switch untuk digunakan dalam emulator. Nintendo mengklaim bahwa Lockpick mengelakkan perlindungan salinan mereka dan melanggar hak cipta.

Maka dari itu, tim Skyline "mengambil keputusan sulit untuk segera menghentikan seluruh pengembangan pada Skyline." Meskipun demikian, tim Skyline menyatakan bahwa emulator itu sendiri legal dan tidak akan menghapus repositori atau pembangunan perangkat lunak.

Dilansir dari Android Authority, kelak tidak ada peningkatan kinerja atau kompatibilitas yang diharapkan dari emulator ini di masa mendatang. Hal ini juga berarti bahwa emulator akan gagal bekerja dengan versi Android yang akan datang dalam beberapa tahun ke depan.

Ilustrasi main game Nintendo Switch. (Nintendo)

Dua pengembang Skyline menyatakan bahwa mereka tidak berhenti dari pekerjaan terkait Android. Salah satu pengembang mengatakan bahwa proyek berikutnya difokuskan pada menjalankan game Windows di Android.

Ini merupakan fokus yang menarik, karena telah ada beberapa cara untuk menjalankan Windows secara tidak resmi pada perangkat Android. Oleh karena itu, kita bisa melihat bagaimana para pengembang akan mengatasi usaha ini.

BACA SELANJUTNYA

Apakah Bisa Main Mobile Legends di PC Tanpa Emulator?