Kamis, 30 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 09 Mei 2023 | 16:33 WIB

Hitekno.com - Cara melacak HP dengan Find My Device ini bisa membantu kamu mencari perangkat atau HP yang hilang. Ikuti tutorial HP Android ini untuk mencari HP yang hilang.

Selain mencari HP yang hilang, ada beberapa fitur yang bisa menjaga privasi kamu tetap aman. Find My Device memungkinkan kamu melacak, mengunci, dan menghapus data dari jarak jauh pada smartphone yang hilang atau dicuri.

Kamu juga dapat melihat sisa masa pakai baterai di HP dan jaringan Wi-Fi yang terhubung. Find My Device adalah bagian dari Google Play Protect dan Play Service yang lebih luas, rangkaian utilitas yang dirancang untuk melindungi smartphone dari konten berbahaya.

Beberapa smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan Find My Phone sebagai fitur bawaan. Berikut cara melacak HP dengan Find My Device yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Pakai Find My Device

Cara ini berlaku untuk perangkat Android dari Google, Huawei, Xiaomi, dan sebagian besar lainnya kecuali Samsung, yang menggunakan proses berbeda.

  • Nyalakan perangkat.
  • Buka Pengaturan dan pastikan Wi-Fi atau Data seluler diaktifkan (atau keduanya).
  • Ketuk Google > Akun Google.
  • Nama dan alamat Gmail kamu akan ditampilkan di bagian atas halaman.
  • Ketuk Keamanan & lokasi. Di beberapa smartphone, kamu mungkin perlu mengetuk Google > Keamanan atau Google > Find My Device.
  • Di bawah Find My Device, terdapat opsi on dan off. Jika tidak aktif, ketuk Find My Device dan alihkan saklar ke Aktif.
  • Kembali ke Keamanan & lokasi dan gulir ke bawah ke bagian Privasi.
  • Di bawah Lokasi, terdapat opsi on dan off. Jika tidak aktif, ketuk Lokasi dan alihkan saklar ke Aktif. Di sini, kamu dapat melihat permintaan lokasi terbaru dari aplikasi di smartphone kamu.
  • Secara default, smartphone kamu terlihat di Google Play. Untuk memeriksa status perangkat kamu di Google Play, buka play.google.com/settings. Di halaman itu, kamu akan melihat daftar perangkat. Di bawah Visibilitas, pilih Perlihatkan di menu.

Catatan: Mengaktifkan layanan lokasi akan menghabiskan masa pakai baterai. Informasi lokasi perangkat tidak diperlukan untuk mengunci dan menghapus perangkat kamu dari jarak jauh.

Itulah cara melacak HP dengan Find My Device di perangkat Android yang bisa kamu coba untuk mencari HP yang hilang. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus di Android